New here? Register. ×
×

Keliru Cantumkan Nama Caleg, KIP Bener Meriah Dituding Melawak

no comments
Written by Karmiadi Arinos | Published in DAERAH, POLITIK
17Apr

RUBERNEWS.COM | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bener Meriah dituding melawak dalam memuat informasi tentang nama calon legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat. Kekeliruan itu terjadi di Daerah Pemilihan (Dapil-I) meliputi Kecamatan Wih Pesan dan Kecamatan Bukit.

“Pemilih saat datang ke TPS akan langsung berhadapan dengan papan informasi itu, atau ada pemilih yang langsung menuju papan informasi untuk memastikan pilihannya secara tepat, namun apa jadinya kalau nama yang dibuat salah” kata Waladan Yoga selaku Pemuda Peduli Pemilu 2019, Rabu (17/04/2019).

Kekeliruan yang terjadi itu dinilai berdampak terhadap masyarakat yang akan menyalurkan hak suaranya di TPS merasa bingung. “Apa jadinya jika ada kekeliruan yang terjadi dan tidak diperbaiki, pemilih akan semakin bingung” tambah Waladan.

Kekeliruam informasi yang ditempel oleh KIP Bener Meriah itu kata Waladan yakni nama-nama caleg Dapil-I tidak tertera, melainkan yang tertulis adalah nama caleg dari Dapil II Bener Meriah.

“Lalu pertanyaan sederhana saya tidak adakah kontrol yang dilakukan oleh para Komisioner KIP Bener Meriah terhadap kesalahan yang terjadi? Misalnya sejak berkas surat-surat suara itu datang apakah tidak diteliti terlebih dahulu sepintas tentang kecocokan data yang ada” tanya Waladan Yoga.

Seharusnya kata dia, sebelum didistribusikan ke daerah-daerah, data yang dikirimkan dicocokkan terlebih dahulu dengan data yang ada sebelum ditempel di papan informasi.

“Komisioner KIP Bener Meriah ini kok bisa kecolongan? Salahnya dimana? dipercetakan atau dimana? Jangan bilang baru masuk jadi komisioner jadi ngak tahu medan. Kalau saya jadi calegnya sudah saya DKPP kan ini” tutup Waladan Yoga.

Sementara itu, salah satu calon legislatif DPRK Bener Meriah dari PDIP Jawahir Syahputra ketika dikonfirmasi rubernews.com membenarkan namanya tertukar dengan nama caleg lain yang ada di Dapil II kabupaten setempat.

Dalam papan informasi sebelum diubah dengan tulisan tangan namanya tercantum Amri, S.Hut. “Ia benar, namanya salah, kesalahan itu terjadi menyeluruh di Dapil I Kabupaten Bener Meriah” jelas Jawahir melalui sambungan selularnya.

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan