New here? Register. ×
×

Terkait Tambang, Wali Nanggroe Diminta Bersuara

no comments
Written by Karmiadi Arinos | Published in DAERAH
13Apr

RUBERNEWS.COM | Terkait pertambangan yang semakin hangat diperbincangkan oleh berbagai elemen masyarakat dan aktivis yang ada di Aceh, kini Aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Aceh Tengah menyoroti Wali Nanggroe. Ia diminta bersuara menyikapi permasalahan tersebut.

Ketua GMNI Aceh Tengah Mulyadi mendesak Wali Nanggoroe untuk bersikap dalam menolak izin pertambangan PT. EMM serta PT. Linge Mineral Resource yang akan mengeruk perut Linge.

Mulyadi menganggap Wali Nanggroe sebagai seseorang yang diberikan tanggung jawab mempersatukan Aceh telah gagal menjalankan fungsinya ditengah hangatnya penolakan izin tambang di Aceh yang dinilai tidak clean and clear.

Menurut dia, Wali Nanggroe memiliki Majelis Pertambangan dan Energi sangat berperan dalam kebijakan Pertambangan di Aceh.Melalui Majelis tersebut Wali Nanggroe dapat memberikan pertimbangan kepada Plt Gubernur Aceh supaya menerbitkan kebijakan Moratorium pertambangan.

“Terlalu banyak anggaran yang dihabiskan untuk Wali Nanggroe, dan hal tersebut tidak sebanding dengan kinerja lembaga terhormat yang ada di Aceh itu,” kata Mulyadi kepada awak media, Jum’at (12/04/2019) di Takengon.

Selain menolak kehadiran PT. EMM, Mulyadi juga menolak kehadiran PT. Linge Mineral Resorce berencana akan melakuka. Penambangan dan Pengolahan Biji Emas DMP di Kecamatan Linge tepatnya Proyek Abong, Lumut, Linge, Owaq, dan Penarun.

Ia mendiskripsikan kepada Wali Nanggore bahwa Linge merupakan daerah yang memiliki nilai-nilai sejarah yang penting dari asal asul Aceh yang sebenarnya. Harus diakui sebagai khazanah di Aceh yang wajib dilindungi dan dilestarikan.

“Jika Wali Nanggro tidak peduli terhadap Linge, artinya tidak ada ruang bagi Malik Mahmud layak dan patut diposisikan sebagai Wali Nanggroe di Aceh,” tutup Mulyadi sembari menghimbau Malik Mahmud bersuara dalam rentetan cerita penolakan Tambang tersebut.

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan