New here? Register. ×
×

KIP Aceh Tengah Gelar Simulasi Pemungutan Suara di TPS

no comments
11Apr

RUBERNEWS.COM | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tengah menggelar kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019.

Simulasi itu digelar senyata mungkin, menggambarkan kondisi disaat pencolobasan pada 17 April mendatang. Dalam simulasi tersebut terdapat kotak suara, bilik suara, papan pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT), petugas KPPS, pengawas TPS dan saksi.

Pemilih yang ikut ambil bagian dalam simulasi itu datang dari berbagai elemen masyarakat. Akan tetapi diutamakan bagi masyarakat yang ada di Kampung Kute ni Reje Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah.

“Masyarakat dapat memanfaatkan simulasi ini, mempelajari serta diajarkan oleh panitia yang bertugas jika ada yang tidak mengerti, sehingga hari H nanti tidak bingung” kata Ketua Devisi Tekhnis dan Penyelenggara, Mukhlis, Kamis (11/04/2019) di lapangan apel Sekdakab Aceh Tengah.

Kegiatan itu kata Mukhlis serentak diselenggarakan di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Aceh Tengah diikuti sebanyak 142 pemilih dan melibatkan PPK, PPS, dan petugas KPPS setempat.

“Kita juga ingin melihat sejauh mana petugas di lapangan menghadapi situasi riil dan bagaimana efektifitas petugas TPS menghadapi kondisi dan kendala di lapangan” katanya.

Pihaknya juga ingin melihat berapa estimasi waktu yang dibutuhkan setiap pemilih sehingga bisa memperkirakan hari pemungutan dan pemungutan nanti dapat berjalan sesuai jadwal yang ditentukan.

Ia juga berharap simulasi yang dilakukan KIP Kabupaten Aceh Tengah itu mampu menjadi tolak ukur kesiapan petugas TPS menjelang hari pemungutan suara.

“Kami berharap simulasi hari ini bisa memperkirakan bagaimana kondisi di lapangan saat pemungutan dan penghitungan suara. Sehingga petugas nantinya mampu lebih sigap dan terlatih menghadapi kondisi ril 17 April mendatang” ujar Mukhlis.

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan