New here? Register. ×
×

Melahirkan Generasi Bermental Islami: Tema MTQ di Syamtalira Bayu Aceh Utara

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in DAERAH
12Feb

RUBERNEWS.COM | Melahirkan generasi bermental Islami, diangkat sebagai tema Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kemesjidan Baitul Abrar, Kec. Syamtalira Bayu, Kab. Aceh Utara yang digelar di Dayah Nurul Ulum sejak 3 – 12 Februari 2019.

Mendidik generasi muda Aceh yang berjiwa qurani dan bermental Islam dinilai perlu sebagai bekal para penerus bangsa agar siap menjadi pemimpin yang memiliki akar agama yang kuat.

Hal ini seperti dituturkan Ketua PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) Mesjid Baitul Abrar, Tgk Muhibuddin, SH.i kepada rubernews.com disela acara penutupan MTQ tingkat Kemesjidan Baitul Abrar, Senin malam (11/2/2019).

“Kondisi mental generasi penerus bangsa belakangan ini kita lihat sangat memprihatinkan. Generasi banyak yang tidak mampu mengaji, juga kadang di tempat orang yang berduka juga tidak banyak sosok yang menjalankan Fardu Kifayah dan sebagainya” tutur Tgk Muhibuddin.

Saat ini juga, kata Tgk Muhib, minimnya keterlibatan generasi muda dalam kegiatan keagamaan ditambah keengganan mengikuti kegiatan bernuansa islami, akan dapat menggerus ilmu agama di Tanah Aulia ini.

Selain itu, pada jabatan publik tertentu baik di eksekutif tingkat gampong, kabupaten hingga nasional serta posisi legislatif sangat banyak diisi oleh orang-orang yang tidak memiliki kemampuan agama yang mumpuni. Kelemahan dalam berkomunikasi, baik itu berdakwah maupun komunikasi verbal lainnya dengan rakyatnya, sangat banyak dijumpai dewasa ini.

Berangkat dari kondisi itu, kata Tgk Muhib, pihaknya berinisiatif untuk menggelar MTQ bagi remaja dan anak-anak. Membentengi generasi sedini mungkin, dinilai akan dapat menanamkan rasa Islami yang kuat di dalam diri generasi muda.

“Ada beberapa perlombaan yang dilangsungkan. Kita berharap melalui kegiatan ini, anak-anak kita akan mampu dan berani tampil sebagai yang terbaik. Seperti, kita latih mereka untuk tampil berpidato di depan umum agar dia mampu berdakwah kelak” kata Tgk Muhib yang alumni Kampus Institut Agama Islam Al-Aziziyah sekaligus mantan santri di Dayah Mudi Mesra Samalanga, Kabupaten Bireuen ini.

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung secara kontinyu dan berkesinambungan. Alumni SMA Ruhul Islam Tanah Luas ini berharap masyarakat mendukung dan berpartisi dalam kegiatan seperti ini.

“Kita galakkan kembali kegiatan musabaqah seperti ini untuk generasi Aceh seperti masa kejayaan Islam di tanah endatu dulu. Semoga ke depan, cabang yang diperlombakan akan ditambah” papar Tgk Muhibuddin yang tercatat sebagai Caleg DPRK Aceh Utara dapil 3 nomor urut 7 dari Partai Aceh.

Sementara itu, ketua pelaksana Tgk Zulfahmi, M.Pd mengatakan, kegiatan ini digelar antar balai pengajian dan 4 Gampong yang meliputi kemesjidan Baitul Abrar di Kemukiman Mbang yakni Gampong Tumpheun, Siren Tujuh, Cut Neuheun dan Meudang Ara.

Sedikitnya 132 peserta usia anak dan remaja ikut dalam 6 cabang perlombaan. Adapun cabang yang diperlombakan yakni Khattil Quran, Lomba Pidato, Lomba Adzan, Cerdas Cermat, Hafidz Quran juz 30 dan Tilawah.

Dalam MTQ ini, Balai Pengajian Baitul Qurani Gampong Cut Neuheun tampil sebagai juara umum.

“Kami berharap kegiatan ini tetap digelar rutin. Apalagi sekarang ada dana desa, kami berharap ada alokasi anggaran dari 4 desa ini untuk pembinaan pada balai pengajian dan dayah-dayah serta anak yang berprestasi di bidang agama” demikian Tgk Zulfahmi.

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan