New here? Register. ×
×

Panwaslih Aceh Tamiang Rekruitmen Pengawas TPS

no comments
11Feb

Rubernews.com | Panitia Pengawas Permilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Tamiang merekrut 912 orang pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2019. Para pengawas TPS akan ditempat satu orang per tempat pemungutan suara (P-TPS).

Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Imran SE, Senin (11/2/2019) kepada rubernews.com, melalui What’s App Mesengger mengatakan, Proses pendaftaran Pengawas TPS akan dibuka 11 – 21 Februari 2019 di seluruh sekretariat Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Aceh Tamiang.

Disebutkan, Para peserta yang mendaftar akan menjalani beberapa tahapan, tahapan seleksi administrasi, dan wawancara yang akan dilakukan oleh para Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Pengawas TPS.

“Kita harapkan panwas kecamatan dapat memilih calon yang memiliki kemampuan dan bertanggung jawab dalam bekerja mengawasi TPS, karena peran P-TPS menentukan terjadinya pemilu yang luber dan jurdil,” kata Imran.

Selain itu, kata Imran, pengawas TPS direncanakan sudah terbentuk sebelum tanggal 25 Maret 2019, dan mereka kemudian dilantik serta diberikan perbekalan oleh Panwascam dengan didampingi Panwaslih Kabupaten agar mereka benar-benar paham terhadap tugas dan kewajiban yang akan dilakukan pada hari H pemungutan suara nantinya.

Dijelaskannya, Rekrutmen pengawas TPS ini sesuai amanat UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Ada lima tugas pokok yang akan dijalankan Pengawas TPS pada hari H pemungutan suara 17 April 2019 mendatang.

“Pengawas TPS akan bertugas mulai dari mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS,” ujarnya.

Sharing is caring