New here? Register. ×
×

Sahuti Yusril, Kader PBB Siap Tangkal Hoak

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in DAERAH, POLITIK
06Feb

RUBERNEWS.COM | Kader Partai Bulan Bintang (PBB) Aceh Utara, Tgk Abdul Manan HS siap menjalankan ‘perintah’ Ketua Umum partai, Prof Yusril Ihza Mahendra yang meminta kader untuk menangkal penyebaran berita bohong atau hoak.

Tgk Abdul Manan menyebut siap menyahuti perintah sang ketua umum dengan cara mensosialisasikan langsung partai berlambang bulan sabit dan bintang tersebut kepada masyarakat pemilih.

“Kami siap jalankan arahan ketua umum agar menangkal hoak dengan cara berjumpa langsung konstituen” tutur Tgk Abdul Manan kepada media ini di Lhokseumawe, Rabu (6/2/2019).

Sebelumnya, pada konsolidadi caleg dan relawan PBB di Koja, Jakarta Utara, kemarin (5/2),  Yusril Ihza Mahendra meminta seluruh kader PBB agar mewaspadai dan menangkal hoak atau berita bohong.

Penggunaan media sosial secara masif, sebut Yusril menjadi salah satu penyumbang terbesar penyebaran berita bohong. Bahkan, kata pakar hukum tata negara itu, dirinya pernah menjadi korban hoak yang menyebut bahwa Yusril bakal dipenjara seumur hidup pada tahun 2008 lalu.

Menurut Tgk Abdul Manan, cara yang disampaikan Prof Yusril dengan menjumpai langsung masyarakat, ia nilai efektif. Selain sebagai upaya untuk menangkal hoak, juga sebagai cara mensosialisasikan diri para calon anggota legislatif dari PBB.

“Kader PBB diminta untuk lebih sering mensosialisasikan partai, baik itu di warung kopi atau door to door (pintu ke pintu) dan ini sangat efektif. Apalagi kita di Aceh dengan budaya ngopi masyarakatnya memudahkan untuk menangkal hoak” tutur Tgk Abdul Manan.

Dijelaskan oleh Tgk Manan, setelah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PBB di Ancol, Jakarta, beberapa waktu lalu, partai ini kerap dituding berkhianat karena mendukung calon presiden nomor urut 1, Jokowi-Ma’ruf.

“Setelah Rakornas dengan arah pilihan PBB mendukung capres nomor urut 1, banyak hoak dan berita yang menyerang PBB. Kami harus bekerja keras untuk membantah segala berita bohong itu” tutur Tgk Manan yang ikut hadir pada Rakornas PBB, di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta 27-28 Januari lalu.

Diketahui, setelah PBB mengarahkan dukungan ke Capres petahana, beberapa elemen internal partai utamanya dari kader ormas FPI menyatakan perlawanan. Beredar maklumat, yang juga diragukan kebenarannya, dari Iman Besar FPI, Habib Rizieq Shihab yang meminta kader FPI, mundur dari Caleg PBB di berbagai tingkatan.

Menurut Tgk Manan, pasca penetapan pilihan partai saat Rakornas, di media sosial beredar serangan dan respon negatif terhadap PBB. Serangan itu, kata Tgk Manan seolah mengkerdilkan dan para pengkritik seolah lupa akan peranan PBB selama ini di tanah air.

“PBB sudah banyak berbuat untuk NKRI, untuk Islam beserta tokoh-tokohnya. PBB juga banyak membantu para tokoh dan pihak pengkritik PBB saat ini yang  tersandung kasus hukum. Namun, setelah partai menentukan arah dukungan capres, semua itu diabaikan. Padahal, PBB hari ini masih sama cita-citanya dengan partai Masyumi dulu, yakni memperjuangkan Islam di dalam NKRI” paparnya.

Untuk itu, kader yang istiqamah bersama PBB sejak 10 tahun terakhir, meminta rakyat Indonesia agar mendukung PBB dengan cara memberikan suara untuk para caleg.

“Kita konsisten perjuangkan Islam di Indonesia seperti termaktub dalam Piagam Jakarta. Untuk itu, kami minta dukungan suara dari masyarakat untuk memilih caleg PBB di berbagai tingakatan. Setelah PBB kembali ke Parlemen, tentu kita akan mudah memperjuangkan Piagam Jakarta secara legal melalui para legislator” demikian Tgk Abdul Manan.

Sharing is caring