New here? Register. ×
×

Mulai Hari Ini, KIP Aceh Tengah Rekrut Relawan Demokrasi

no comments
14Jan

RUBERNEWS.COM | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tengah membuka kesempatan bagi masyarakat untuk ikut mendaftarkan diri sebagai Relawan Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Perekrutan Relawan Demokrasi itu dibuka selama lima hari kerja mulai hari ini Senin, 14 hingga 18 Januari 2019. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mendatangi langsung kantor KIP Aceh Tengah di jalam Pacuan Kuda Blang Bebangka Pegasing. Pendaftaran dibuka pukul 09:00-16:00 WIB.

Ketua KIP Aceh Tengah, Marwansyah kepada rubernews.com mengatakan, perekrutan Relawan Demokrasi itu merupakan gerakan sosial untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya.

“Relawan Demokrasi ini bertujuan untuk melibatkan peran serta masyarakat seluas-seluasnya, dimana nantinya masyarakat sebagai pelopor (pioner) demokrasi bagi komunitasnya” kata Marwansyah, Senin (14/1).

Ia menambahkan, hadirnya relawan demokrasi melibatkan sedikitnya 11 basis pemilih strategis yaitu, basis keluarga, pemilih pemula, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum  marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi.

“Pelopor-pelopor demokrasi ini akan dibentuk di setiap basis, kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya” jelas Marwansyah.

Ia berharap dengan hadirnya relawan demokrasi itu dapat menumbuhkan kembali kesadaran positif masyarakat terhadap pentingnya Pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Intinya Relawan Demokrasi ini dapat menggerakkan masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab, sehingga partisipasi pemilih di Pemilu 2019 dapat lebih baik dibandingkan dari Pemilu sebelumnya,” tutup Marwansyah.

Adapun syarat pendaftaran yaitu,

a. Warga Negara Indonesia

b. Berusia minimal 17 Tahun pada saat mendaftar, khusus untuk relawan pemilih pemula maksimal berusia 25 Tahun

c. Pas Photo terbaru berwarna ukuran 4X6 sebanyak empat (4) lembar

d. Photo kopy KTP Elektronik satu lembar

e. Photo kopy Ijajah minimal SLTA atau sederajat dan/atau ijazah terakhir 1 (satu) lembar (dilegalisir oleh pejabat yang berwenang)

f. Sertifikat /piagam yang nerkaitan dengan kegiatan KPU (bagi yang memiliki)

g. Surat pernyataan tidak menjadi anggota Parpol sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun

h. Surat pernyataan kesediaan menjadi relawan demokrasi

i. Surat keterangan terdaftar sebagai pemilih

j. Surat pernyataan tidak pernah dipidana penjara atau melakukan tindak pidana

k. Surat pernyataan bukan bagian dari penyelenggara Pemilu 2019

l. Daftar riwayat hidup

m. Surat pernyataan sebagaimana dimaksud pada point G s/d L, Formulir disediakan Panitia .

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi 0811 6875 009 An Mahdalena dan 0852 7777 9059 An Al Ikhwan

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan