New here? Register. ×
×

Pacuan Kuda Bener Meriah Ditutup, Abuya Tepis Isu Dana 1 Milyar

no comments
13Jan

RUBERNEWS.COM | Event Tahunan Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bener Meriah yang ke-15 resmi ditutup oleh Asisten Pemerintahan Aceh Ir Jafar, SH M. Hum, Minggu (13/1/2019) di lapangan Pacuan Kuda Sengeda, Bener Meriah.

Dalam kesempatan itu juga Plt. Bupati Bener Meriah menepis isu miring tentang penggunaan anggaran mencapai Rp1 Miliar lebih yang dikucurkan untuk kegitan atraksi budaya itu.

“Banyak yang bertanya, apa yang didapat dengan anggaran Rp.1 Milyar. Disini saya tegaskan, anggaran 1 Milyar lebih itu khusus untuk menggembirakan rakyat” kata Abuya Syarkawi Abdussamad.

Tambahnya lagi, event tersebut diselenggarakan khusus untuk masyarakat Bener Meriah. “Pemerintah harus memfasilitasi rakyatnya untuk bergembira secara bersama-sama,” jelas Abuya.

Selain itu kata Abuya, siapapun yang akan memboyong juara umum dalam kegiatan itu merupakan hasil dari kompetisi yang sehat dan sportif.

“Perlu digaris bawahi, bukan siapa yang terbaik dalam atraksi budaya ini, namun bagaimana menjalin silaturahmi antar Kabupaten dan menjaga sportifitas selama kegiatan berlangsung,” terangnya.

Terkait kehadiran keluarga Presiden Republik Indonesia, Larasati di Kabupaten Kopi Arabika itu, Abuya menyebut sebuah kebanggaan Bagi Bener Meriah.

“Kalau keluarga Presiden yang dikirim, berarti Bener Meriah dianggap sebagai keluarga, ini yang sangat berharga bagi pemerintahan dan masyarakat disini, terlebih selama tiga Tahun (1983-1985) pak Presiden menghirup udara, meminum air Bener Meriah,” papar Abuya, sembari menunjukan kediaman Presiden Jokowi di ujung Bandara Rembele Kabupaten setempat.

Sementara itu, Ketua Panitia Aili Yoga mengatakan, atraksi budaya itu diikuti oleh 3 Kabupaten tetangga, dengan delegasi peserta diantaranya, Aceh tengah 138 ekor kuda, Bener Meriah 141 ekor dan Gayo Lues 69 ekor kuda, jumlah keseluruhan sebanyak 348 ekor kuda berlaga dilapangan Pacu Sengeda itu.

Kegiatan yang bertemakan Bener Meriah harmoni itu diharapkan mampu membuat pembangunan akan berlari sekencang kuda yang sedang berlaga.

“Bagaimana kencangnya kuda yang dipacu dari pertama hingga penutupan hari ini, begitu pula kencangnya pembangunan di Bener Meriah,” terang Kadisbudparpora itu.

Penutupan itu dihadiri oleh, Juru Bicara Presiden RI Sunarto, keluarga Presiden Larasati, Asisten Pemerintahan Provinsi Aceh M. Jafar, Perwakilan Kementrian Pariwisata RI Santoso, Plt Bupati Bener Meriah Syarkawi, Kapolres Bener Meriah, AKBP. Fahmi Irwan Ramli, Ketua MPU Al-Mujani, Kadis Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Aili Yoga.

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan