New here? Register. ×
×

85 Persen Napi di Rutan Takengon Belum Mampu Baca Al-Qur’an

no comments
Written by Karmiadi Arinos | Published in DAERAH, RELIGI
10Jan

RUBERNEWS.COM | Sebanyak 85 persen dari keseluruhan Narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Takengon dipastikan belum mampu membaca Kitab Suci Al-Qur’an.

Hal itu disampaikan Kepala Pengamana Rutan Kelas II B Takengon Nazaryadi saat Coffe Morning bersama Forkopimda dan Instansi terkait di Aula Kejaksaan Negeri Aceh Tengah, Kamis (10/01/2019).

“85 persen penghuni Rutan belum mampu membaca Al-Qur’an, sisanya 10 persen lagi bisa, namun belum tepat, sedangkan 5 persen lagi dipastikan bacaanya sudah bagus,” kata Nazar.

Saat ini, kata Nazar, Rutan Takengon telah melaunching program ‘Rumah Al-Qur’an’ bagi narapidana. Namun pihaknya mengalami kendala guru (tengku) untuk mengajar ngaji yang jumlahnya masih minim.

“Kendala terbesar saat ini belum memadainya guru atau tengku yang mengajar dan ini perlu sumbangsih dari pemerintah daerah,” harap Nazar, sembari mengaku, pihaknya telah menyiapkan ruangan bagi narapidana layaknya seperti ruang perkuliahan.

“Mereka juga telah diberikan jadwal, tanpa harus disuruh para napi sudah tahu jadwalnya sendiri,” terang Nazar.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah Karimansyah mengaku, pihaknya akan mencarikan solusi bersama instansi terkait untuk memecahkan masalah tersebut.

“Ini hanya masalah teknis. Kementrian Agama, Dinas Syari’at Islam dan Dinas Pendidikan Aceh Tengah perlu duduk bersama terkait masalah ini. Kalau bisa usahakan kurikulumnya yang jelas,” sebut Sekda.

Sharing is caring