Tips penyajian kue Dongkal kegar menjadi semakin nikmat : CekResi

Feu un cop d’ull a http masakansehat.com recepta-kue-dongkal-asli-khas-java-barat untuk Kue Dongkal Delicious

Mungkin banyak dari Anda yang belum familiar dengan kue tradisional yang resepnya bisa ditemukan di http masakansehat.com resep ini-kue-dongkal-asli-khas-jawa-murah . Ya, kue Dongkal atau yang juga dikenal dengan akad kue Awug merupakan salah satu jenis makanan tradisional asli Jawa Barat. Makanan ini biasanya memiliki rasa manis dan asin.

Sekilas penampilan kue tradisional ini cukup mirip dengan kue Putu yang sering dijual, karena makanan ini juga memiliki gula aren. Rasa manis yang asin dan unik ini membuat kue Dongkal sangat digandrungi masyarakat dan masih banyak dijual hingga saat ini.

Sebenarnya membuat kue tradisional ini tidaklah sulit. Tapi, ada beberapa tips khusus yang perlu dilakukan agar komposisi dan tekstur makanan enak dan pas di mulut Anda. Sebab, jika Anda melakukan kesalahan dalam proses pengolahannya, kue Dongkal yang Anda buat mungkin memiliki tekstur yang keras dan kurang nikmat.

Pemilihan bahan segar dan teknik pembuatan bir yang tepat menjadi kunci keberhasilan resep kue tradisional ini. Mengacu pada resep http masakansehat.com-kue-dongkal-asli-khas-jawa-murah, berikut beberapa tips dan resep membuat kue dongkal yang lezat dan lezat serta menjadi favorit keluarga. Anda bisa mulai mempelajarinya.

Tips menyiapkan bahan untuk membuat kue Dongkal

Langkah utama yang perlu Anda lakukan sebelum memulai proses pembuatan kue dongkal adalah dengan menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan. Untuk membuat kue ini, bahan-bahannya tidak terlalu sulit didapat. Padahal, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan utama seperti tepung beras, gula aren, kelapa, dan pandan.

Pastikan bahwa dalam pembuatannya menggunakan bahan-bahan segar. Misalnya saat memilih kelapa, pilihlah kelapa yang segar agar adonan kue dongkal lembut, dan rasa asinnya terasa tanpa bau langu. Untuk tepung itu sendiri, Anda bisa mengocok nasi sampai halus dan menghasilkan tepung.

Untuk gula aren yang digunakan, Anda bisa menggunakan gula aren dalam bentuk padat atau kristal. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan gula aren parut. Hal ini dimaksudkan agar gula tidak terlalu halus dan tetap memiliki rasa manis di mulut anda tanpa mengganggu saat dikunyah.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan daun pandan segar. Menggunakan daun pandan pada kue dongkal ini adalah untuk membuat adonan kue lebih lembut dan harum. Jadi saat anda makan, tidak hanya rasanya yang manis dan asin, tetapi ada juga aroma khas pandan yang semakin memanjakan mulut anda.

Selain empat bahan utama saat ini, jangan lupa untuk menambahkan sejumput garam sesuai kebutuhan. Tujuannya agar rasa atau cita rasa kue dongkal lebih seimbang. Tidak hanya rasa manis dan kelapa, tapi juga asin nikmat sesuai resep http masakansehat.com resep-kue-dongkal-asli-khas-jawa-murah.

Perhatikan langkah-langkah saat memasak tepung beras kukus

Setelah menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan untuk membuat kue dongkal, kini kamu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu ke tahap pengolahan atau pembuatan kue. Tentu saja, ini adalah momen yang paling dinantikan. Selain materi yang mudah didapat, cara melakukannya pun tidak kalah mudah, bahkan untuk pemula sekalipun.

HTTP masakansehat.com Recipe-Kue-Dongkal-Asli-khas-Java-Murah menyediakan resep dan langkah-langkah pembuatan yang bisa Anda praktikkan secara langsung. Yang pertama adalah menyiapkan tepung beras, di mana Anda harus mengocok nasi sampai lunak dan diayak. Namun jika sudah memiliki tepung beras yang sudah jadi, Anda bisa langsung mengukusnya dengan daun pandan.

Kemudian masukkan beberapa lembar daun pandan agar aromanya harum. Jika ya, maka Anda bisa mulai mengukus keduanya. Jangan lupa untuk melipatgandakan bagian bawah dengan serbet bersih. Tunggu hingga 20 menit untuk waktu pengukusan. Jika 20 menit telah berlalu, Anda dapat mengeluarkannya dari uap dan membiarkannya dingin.

Setelah segar, Anda bisa memindahkannya ke wadah lain sambil menambahkan beberapa garam. Kemudian uleni massa dengan tangan sambil secara bertahap menambahkan air. Pastikan massa digranulasi, tetapi masih menggumpal ketika dibentuk dengan tangan. Kemudian uleni massa sehingga butiran terdistribusi secara merata, tidak ada benjolan besar.

Siapkan isian dan cetakan Dongkal Cake

Langkah selanjutnya dalam resep http masakansehat.com-kue-dongkal-asli-khas-java-murah saat membuat kue dongkal yang lezat adalah mencetaknya sebelum Anda mulai mengukus lagi. Jika adonan telah diremas siap digunakan, Anda dapat menyiapkan peralatan berikut, yaitu cetakan 12 cm karena diameternya. Anda bisa meletakkan adonan secara perlahan.

Pastikan Anda tidak langsung mengisi cetakan dengan adonan tepung. Isi dari seperempat cetakan, lalu timpa dengan gula aren parut. Tidak perlu terlalu padat, yang penting gula didistribusikan secara merata di permukaan tepung. Kemudian tulis ulang dengan adonan tepung. Lakukan dalam sekitar tiga lapisan.

http masakansehat.com resep-kue-dongkal-asli-khas-java-murah juga mengarahkan bahwa jika adonan semua ada di cetakan, Anda bisa mulai mengukusnya. Jangan lupa untuk memanaskan air terlebih dahulu untuk mengukus. Hal ini dilakukan agar proses pengukusan berjalan sempurna dan adonan matang dengan baik sehingga tidak keras.

Tips saat mengukus adonan kue dongkal ini agar matang merata adalah dengan membuat lubang di tengah adonan yang sudah dicetak. Hal ini bertujuan agar uap dari proses pengukusan bisa masuk ke dalam dan membantu proses memasak adonan hingga matang dengan baik. Tunggu hingga sekitar 30 menit.

Tips penyajian kue Dongkal kegar menjadi semakin nikmat

Langkah terakhir dari resep http masakansehat.com-kue-dongkal-asli-khas-java-murah dalam membuat kue dongkal adalah dengan menyajikannya. Tentu saja, Anda tidak sabar untuk mencobanya, bukan? Agar lebih nikmat, jangan sampai disajikan dengan buruk. Tips berikut disajikan setelah 30 menit, kue dongkal dikukus dan dimasak dengan sempurna.

Pertama-tama, Anda perlu memarut kelapa yang disiapkan pada awalnya. Setelah memarut dan memeras air, Anda bisa mulai mengukus kelapa selama beberapa menit sampai matang dan sedikit layu. Jangan terlalu lama karena parutan kelapa bisa kehilangan tekstur, sehingga kurang enak jika akan dimakan.

Setelah selesai dikukus, biarkan sebentar agar suhunya turun dan dingin. Setelah itu, Anda bisa menaburkan kelapa parut di atas kue dongkal yang sudah dimasak. Atau, Anda juga bisa menyajikannya di samping. Menurut resep http masakansehat.com-kue-dongkal-asli-khas-jawa-murah, Anda dapat menikmatinya dengan mengocoknya dalam kelapa parut.

Kini, Anda bisa menikmati rasa manis gula aren, serta taburan kelapa asin, serta tekstur halus adonan rasa pandan yang menggoda. Siapa sih yang tidak ingin langsung mencoba kue tradisional ini? Tentu saja, sebuah keluarga akan menyukainya, dan menikmatinya berkali-kali tanpa merasa bosan.

Bukankah sulit membuat kue ini sederhana dan enak? Selama bahan yang Anda pilih segar dan benar, Anda pasti bisa menyajikan kue lezat ini. Anda juga dapat menemukan semua bahan di mana saja tanpa sakit kepala. Bahkan resep ini tidak membutuhkan biaya banyak.

Sekarang, Anda dapat mencoba resep mudah ini untuk membuat pai tradisional Jawa Barat. Tidak perlu takut gagal, karena tidak ada proses pembuatan kue yang terlalu sulit dan membutuhkan teknik khusus. Cukup praktekkan resep mudah ini dan tips http masakansehat.com resep-kue-dongkal-asli-khas-java-murah.

 

Link Cek Resi Berdasarkan Expedisi

Cek Ongkir

https://www rubernews com/tips-penyajian-kue-dongkal-kegar-menjadi-semakin-nikmat-cekresi -