New here? Register. ×
×

Ketua Karang Taruna Aceh Dorong Dana Desa Lebih Produktif

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in DAERAH
04Des

Rubernews.com | Ketua Karang Taruna Aceh, Ismet ST MT mengapresiasi laju pembangunan di gampong-gampong yang bergerak cepat dan signifikan. Hal itu disampaikannya dalam diskusi rutin yang dilakukan di kantor Karang Taruna Aceh, Banda Aceh, Selasa (4/12/2018).

Diskusi yang dihadiri sejumlah pengurus itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Karang Taruna Aceh di sela-sela mempersiapkan kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna Aceh.

Ismet ST MT menilai dana gampong sangat bermanfaat untuk percepatan dan pemerataan pembangunan terutama bagi gampong-gampong yang selama ini kesulitan akses.

“Pemanfaatan dana desa perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan di gampong-gampong,” ujar pria asal Pidie itu.

Pengelolaan dana desa diharapkan agar prioritas penggunaannya berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat dan kemandirian gampong. “Menjelang tahun anggaran baru, kami mendorong agar pemanfaatan dana desa digunakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat gampong setempat serta meningkatkan kemandirian gampong ke depan,” jelas Ismet.

Lebih lanjut, Ismet memberikan contoh seperti kegiatan ekonomi dan kepemudaan. Menurutnya, jika kegiatan peningkatan ekonomi bisa maksimal difokuskan, seperti menghidupkan unit-unit usaha gampong melalui Badan Usaha Miliki Gampong (BUMG), maka bukan hanya menambahkan pendapatan gampong saja, sekaligus juga bisa menyerap tenaga kerja dari warga gampong.

“Jika ada beberapa unit usaha gampong yang aktif, maka pemuda gampong tidak akan ada lagi yang menganggur. Pendapatan mereka akan meningkat, pendapatan gampong juga akan bertambah,” imbuhnya.

Ismet juga menyarankan agar pengalokasian dana desa ke depan perlu diperhatikan untuk kegiatan-kegiatan pemberdayaan pemuda dan perempuan, seperti pelatihan keterampilan alat bengkel, perabotan, menjahit, peralatan pertanian dan nelayan, dan lain sebagainya.

“Kegiatan pemberdayaan keterampilan bisa menjadi cikal bakal lahirnya unit usaha baru di gampong, karena akan semakin banyak anak-anak muda yang kreatif,” pungkasnya.

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan