New here? Register. ×
×

YARA Launching Layanan Publik ‘Aceh Quick Response’

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in DAERAH
03Des

Rubernews.com | Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) melakukan Launching Unit Layanan Publik ‘Aceh Quick Response’ untuk menampung segala persoalan yang dialamai masyarakat di seluruh pelosok Aceh secara cepat. Launchin ‘Aceh Quick Response’ ini berlangsung di Hotel Kyriad Muraya, Banda Aceh, Senin (3/12/2018).

Usai Launching ‘Aceh Quick Response’, YARA juga memfasilitasi diskusi publik dengan tema “Reformasi Percepatan Pembangunan di Aceh” dengan menghadirkan pemateri dari Bappeda Aceh, Kadis Penenaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Aceh, Mantan Deputi BRR Aceh dan Nias, serta Akademisi Unsyiah Rustam Effendi.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua YARA Safaruddin SH beserta jajaran pengurusnya, Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Aceh, Ir Iskandar Syukri MM, perwakilan YARA kabupaten/kota, serta tamu undangan lainnya.

Ketua YARA Safaruddin mengatakan, peluncuran Unit Layanan Publik ‘Aceh Quick Response’ diharapkan dapat menampung persoalan masyarakat dari seuluruh penjuru Aceh secara cepat. Menurutnya, YARA selama ini telah memberikan bantuan hukum kepada berbagai lapisan masyarakat tanpa tebang pilih, namun layanan ‘Aceh Quick Response’ diperlukan untuk mempermudah penyampaian informasi.

“Kami hadir untuk melakukan advokasi, memberi pendampingan hukum kepada masyarakat yang membutuhkan baik terkait masalah hukum, ekonomi, kesehatan, sosial, pendidikan, dan lain sebagainya. Sebenarnya layan publik ini sudah hadir sejak tahun 2012 saat Pak Nazar menjabat Wakil  Gubernur Aceh kala itu, namun dengan nama yang lain. Hari ini kita meluncurkan yang namanya ‘Aceh Quick Response’ untuk mempermudah penyampaian informasi,” ujarnya. 

Sementara Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi hadirnya ‘Aceh Quick Response’ yang diprakarsai oleh YARA dengan tujuan untuk menampung segala bentuk keluhan yang dihadapi masyarakat. “Hadirnya Layanan Publik ‘Aceh Quick Response’ adalah bentuk partisipasi langsung masyarakat dalam mendukung percepatan pembangunan Aceh,” kata Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Aceh, Ir Iskandar Syukri MM.

Melalui aplikasi ini, tambahnya, masyarakat dapat menyampaikan kondisi di sekitarnya, sehingga dapat direspon secara cepat. Disamping itu, Iskandar menyebut bahwa sistem kerja Layanan ‘Aceh Quick Response’ ini juga tidak tertutup kemungkinan akan dapat meningkatkan kepercayaan investor di Aceh.

“Dengan adanya Layanan ‘Aceh Quick Response’ diharapkan partisipasi juga akan mendorong terciptanya sistem yang transparan di daerah kita. Jika masyarakat aktif berpartisipasi, percepatan pembangunan tentu akan lebih mudah kita jalankan,” pungkasnya.

Serahkan Dua Unit Rumah

Pada kesempatan tersebut, Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Safaruddin juga menyerakan dua kunci rumah secara simbolis kepada warga Kota Sabang yang kurang mampu.

Safar menyebut, dua unit rumah bantuan tersebut merupakan sumbangan dari seorang dermawan yang dititipkan melalu YARA untuk diserahkan kepada warga kurang mampu.

“Bantuan rumah ini merupakan titipan dari salah seorang dermawan yang tidak ingin disebutkan namanya. Kalau dalam istilah korporat, ini semacam CSR lah. Jadi yang bersangkutan memintakan kami untuk menyerahkannya kepada yang benar-benar membutuhkan. Semoga bisa bermanfaat,” pungkasnya. 

 

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan