New here? Register. ×
×

Sambangi Istana, Sinyal Yusril dan PBB Akan All Out ke Jokowi-Ma’ruf

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in NASIONAL, POLITIK
01Des

Rubernews.com | Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyambangi Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat, (30/11/2018). Kedatangan Pakar hukum tatanegara ini disambut langsung oleh Presiden Jokowi dan sejumlah pejabat negara lainnya.

Dalam kunjungan ke Istana Bogor itu, Yusri dan Jokowi telihat akrab. Setelah melakukan pertemuan beberapa waktu di ruang kerja Presiden, keduanya kemudian menuju Masjid Baitussalam di Kompleks Istana Bogor untuk menunaikan shalat Jumat. Dengan menaiki golf cart, mereka menuju masjid bersama dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengaku bahwa ia sudah mengenal Yusril sejak masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Hubungan keduanya pun terus berlanjut dengan baik saat Presiden Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Saya pernah ke rumah Prof. Yusril. Jadi menurut saya, saya dengan beliau ini kawan dan sahabat yang akrab dan baik,” ujar Presiden selepas shalat Jumat.

Disinggung terkait pertemuan tersebut, Jokowi menuturkan bahwa keduanya berbicara mengenai masalah negara, terutama ketatanegaraan. Sementara Yusril mengakui meski dirinya kadang memberikan kritik kepada Presiden, bukan berarti ia berseberangan.

“Pak Jokowi pasti paham bahwa kadang-kadang ada kritik disampaikan. Tapi semua itu dengan niat yang baik. Tapi kritik yang konstruktif ya, bukan asal kritik tanpa alasan. Karena niatnya baik, ya beliau juga dengarkan, pertimbangkan. Kalau sesuai, ya dilaksanakan, kalau tidak sesuai, ya tidak dilaksanakan. Itu saja,” kata Yusril.

Tak hanya kritik, menurut Yusril ia juga sering memberikan saran terutama yang terkait dengan bidang hukum, baik yang ditanyakan langsung oleh Presiden maupun yang tidak. “Ada yang beliau pertimbangkan. Mudah-mudahan membawa manfaat bagi kehidupan bangsa dan negara kita semuanya,” tuturnya.

Meski Jokowi dan Yusri mengaku bahwa pertemuan keduanya membahas sejumlah masalah negara, terutama yang berhubungan dengan ketatanegaraan, namun kehadiran Yusril ke Istana Kepresiden Bogor mengindikasikan bahwa Ketua Partai PBB kian akrab dengan Presiden Jokowi, yang merupakan Calon Presiden periode 2019-2024.

Meski secara kepartaian (PBB) belum memberikan pernyataan resmi terkait dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019, namun secara pribadi Yusril telah menyatakan dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf. Berlabuhnya Yusri ke Jokowi tentu akan diikuti oleh kadernya di PBB, meski sejauh ini belum ada keputusan resmi.

Asumsinya, Yusril tentu tidak akan gegabah mengambil keputusan mendukung Jokowi tanpa koordinasi dan dukungan dari kadernya, karena hal ini bisa berakibat fatal terhadap partainya di Pileg 2019. Tentu akan sangat aneh bila nantinya Ketua Umum mendukung Jokowi, sementara kadernya di PBB mendukung pasangan Prabowo-Sandi.

Oleh sebab itu, PBB kemungkinan besar akan ikut berlabuh mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pemilu 2019 mendatang.

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan