New here? Register. ×
×

Presiden TRA: Tokoh Impor Jadi Wali Nanggroe, Lembaga Adat Diperolok

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in BAHASA ACEH, DAERAH, SOSIAL, TOKOH
26Nov

RUBERNEWS.COM | Polemik sosok Malik Mahmud sebagai Wali Nanggroe (WN) yang dinilai tidak cocok, menyebabkan lembaga yang seharusnya berwibawa di mata rakyat Aceh berubah menjadi bahan olok-olokan di kalangan masyarakat. Bahkan lebih ekstrim lagi, beberapa tokoh berani menggugat penghapusan lembaga WN itu ke ranah publik.

“Tokoh impor yang dipaksakan menduduki lembaga WN yang merupakan lambang marwah dan martabat rakyat Aceh itu, menyebabkan lembaga WN saat ini berubah menjadi lembaga yang diolok-olok oleh rakyat Aceh sendiri. Ini sangat disayangkan” kata Tgk Murdani, MA, Presiden Tim Relawan Aceh (TRA) di Kantor DPP TRA, Banda Aceh, Minggu (25/11/2018).

Tgk Dani, panggilan akrabnya, juga menguraikan alasan-alasan tidak pasnya sosok Malik Mahmud sebagai Wali Nanggroe. Diantaranya, Malik Mahmud sejak lahir berada di luar negeri dan diduga keluarga Malik Mahmud bukan dan tidak ada hubungan langsung dengan keluarga Tgk Chik Saman di Tiro.

Ditambah juga kurang lancar atau fasihnya berbahasa Aceh juga menjadi alasan publik menyebut Malik Mahmud tidak kompeten menjabat lembaga adat tersebut. ”Bahasa itu kan menunjukan bangsa. Mana mungkin mengaku orang Aceh, tapi tidak lancar berbicara dalam logat Aceh,” kata presiden TRA.

Seharusnya, pengangkatan WN dilaksanakan secara demokratis melalui pemilihan langsung sebagaimana pemilihan gubernur. Hal ini sesuai sebagaimana diamanatkan oleh MoU Helsinki harus menjunjung tinggi demokrasi.

“Bukan dipaksakan seperti WN saat ini yang jelas-jelas WN impor, sehingga merusak kesakralan lembaga itu,” sindirnya.

Padahal tambah Tgk Dani, banyak tokoh-tokoh Aceh yang pantas dan laik diangkat sebagai WN. Ia menyebut nama mantan Panglima GAM, Muzakir Manaf atau tokoh lainnya.

”Mualem lebih layak, beliau secara pribadi, baik sikap maupun kepribadian jelas turunannya” ungkap Tgk Dani mengakhiri.

Sharing is caring