New here? Register. ×
×

Aceh Besar Juara Umum PORA XIII, Ini Hasil Lengkapnya

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in BERITA PILIHAN, DAERAH, OLAHRAGA
25Nov

Rubernews.com | Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII yang berlangsung di Kota Jantho sejak 18-25 November 2018 resmi berakhir, dimana kontingen tuan rumah Aceh Besar keluar sebagai juara umum.

Even olahraga Provinsi Aceh ini secara resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Drs Dermawan, di Stadion Mini komplek Jantho Sport City (JSC), Minggu (25/11/2018) sore.

Aceh Besar memastikan diri sebagai juara umum even olahraga empat tahun itu, setelah mengoleksi total 269 medali, dengan rincian 125 medali emas, 64 perak dan 80 medali perunggu.

Salah satu penyumbang medali terbanyak untuk kontingen tuan rumah datang dari Cabang Atletik, yang disumbangkan oleh atlet-atlet binaan PASI Aceh Besar dibawah komando Ketua DPRK Sulaiman SE.

Posisi kedua ditempati oleh Kontingen Kota Banda Aceh yang mengumpulkan 171 medali, dengan rincian 64 medali emas, 54 perak dan 53 perunggu. Sementara posisi ketiga dihuni oleh Aceh Timur dengan koleksi 37 medali emas, 34 perak dan 60 perunggu.

Bupati Aceh Besar, Ir.Mawardi Ali dalam sambutannya mengaku lelah menjadi tuan rumah, namun rasa lelah itu terbayarkan dengan keberhasilan kontingen tuan rumah menjadi yang terbaik dalam ajang PORA XIII. “Menjadi tuan rumah sangat melelahkam, namun rasa lelah itu hilang dengan menjadi juara umum,” ucapnya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Aceh Muzakir Manaf yang diwakil Ketua Harian Kamaruddin Abubakar (Abu Razak), mengucapkan selamat kepada Kontingen Aceh Besar yang sukses merebut juara umum PORA XIII tahun 2018. Abu Razak juga memberi selamat kepada seluruh atlet yang telah menoreh prestasi dengan mengantongi medali.

Dalam sambutannya itu, Abu Razak mengharapkan para atlet peraih medali agar terus meningkatkan prestasi demi kemajuan olahraga Aceh. Apalagi, kata Abu Razak, dalam waktu dekat akan ada event nasional Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua. Selain itu, pada tahun 2024, Aceh akan menjadi tuan rumah PON bersama Provinsi Sumatera Utara.

“Para atlet terbaik hari ini akan dipersiapkan untuk mengikuti PON kedepannya. Oleh karena itu, teruslah berlatih dan mempersiapkan diri untuk mengharumkan nama Aceh dikancah nasional,” ujar Abu Razak.

Sementara Sekda Aceh, Dermawan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar yang telah melaksanakan PORA XIII dengan sukses. Dermawan yang mewakili Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengharpkan para atlet berprestasi yang dihasilkan di PORA ini dapat dipersiapan ke PON XX/2020 di Provinsi Papua.

“Atlet yang sukses di PORA XIII agar terus ditingkatkan prestasinya. Sarana olahraga yang sudah dimiliki juga harus difungsikan sebaik mungkin untuk pembinaan atlet, apalagi Aceh akan menjadi tuan rumah PON XXI/2024,” pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan rekapitulasi perolehan medali yang dirilis oleh KONI Aceh, berikut daftar lengkap posisi perolehan medali PORA XIII 2018 seluruh kontingen kabupaten/kota:

Sharing is caring