New here? Register. ×
×

Kebakaran Dahsyat di California Telan 71 Korban Jiwa, 1000 Orang Hilang

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in INTERNASIONAL
18Nov

Rubernews.com | Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengunjungi negara bagian California untuk meninjau langsung upaya penanganan kebakaran terdahsyat dan yang paling mematikan dalam sejarah.

Kebakaran hutan itu telah menelan setidaknya 71 korban jiwa. Sementara itu, lebih dari 1.000 orang dilaporkan hilang. Petugas setempat menyebut jumlah itu bisa bertambah karena kobaran api terus merambah permukiman warga.

Saat berkunjung ke kota Paradise, Trump mengaku sangat sedih dan menyebut ‘manajemen hutan yang buruk’ sebagai penyebab kebakaran besar tersebut.

“Kita harus memperbaiki manajemen pemeliharaan hutan dan kami akan bekerja sama dengan kelompok pemerhati lingkungan. Saya pikir, dengan demikian, kebakaran separah ini tidak akan kembali terjadi,” katanya Trump seperti dilansir BBC Indonesia, Minggu (18/11/2018).

Di sisi lain, pakar lingkungan menyebut cuaca, perubahan iklim dan peningkatan populasi merupakan faktor utama yang menyebabkan kebakaran.

Petugas masih terus berusaha memadamkan titik api di beberapa lokasi, termasuk Camp Fire, yang merupakan titik api terbesar, selain di Woolsey Fire di dekat Los Angeles yang telah menewaskan setidaknya tiga orang.

Selain itu, masalah gangguan kesehatan pun mulai mencuat. Warga mengeluhkan wabah norovirus di pengungsian, selain buruknya kualitas udara dan kabut asap yang memicu masalah pernapasan.

Sumber : BBC Indonesia

Sharing is caring