New here? Register. ×
×

Pertama Dalam Sejarah, Dua Muslimah Terpilih Jadi Anggota Kongres AS

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in INTERNASIONAL
09Nov

Rubernews.com | Perkembangan Islam di Amesrika Serikat terus menanjak dalam beberapa dekade terakhir. Tokoh-tokoh Islam di Negara Paman Sam ini terus mendapat tempat dalam kancah perpolitik, bahkan tokoh Islam mulai dipercayakan untuk menjadi anggota Kongres dan Senat.

Baru-baru ini, tokoh Islam di negara –yang dulunya sangat memusuhi Islam– ini kembali mencatatkan sejarah, dimana dua orang muslimah secara sekaligus terpilih menjadi anggota Kongres AS. Mereka adalah Ilhan Omar dan Rashida Tlaib.

Uniknya mereka berdua merupakan imigran yang berasal dari Somalia dan Palestina. Keduanya dipastikan terpilih sebagai anggota Kongres AS pada Selasa (6/11/2018) waktu setempat.

Ilhan terpilih sebagai anggota Kongres mewakil negara bagian Minnesota. Dia memenangkan pemilihan telak di Distrik Kongres ke-5 di Minnesota, kawasan Minneapolis yang sebelumnya diwakili oleh Keith Ellison. Ilhan Omar yang maju melalui Partai Demokrat mampu memperoleh 78,4% suara (264.381 pemilih), sedangkan lawannya Zielinski dari Partai Republik hanya mengantongi 21,6% suara (72.852 pemilih).

Ilhan Omar adalah seorang mantan pengungsi Somalia berusia 36 tahun. Ia lahir pada 1982 dan dibesarkan di Raas Cabaad, Somalia. Dia dan keluarga meninggalkan Tanah Airnya pada awal perang sipil tahun 1991 saat berusia 12 tahun.

Sedangkan Rashida Tlaib mewakili Michigan, yang juga maju melalui Partai Demokrat. Rashida adalah seorang pekerja sosial yang merupakan anak imigran dari Palestina.

 

Sharing is caring