New here? Register. ×
×

Diberhentikan dari Ketua DPRA, Muharuddin: Terimakasih Mualem

no comments
05Nov

Rubernews.com | Partai Aceh (PA) resmi telah memberhentikan Tgk Muharuddin dari jabatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan menunjuk Sulaiman sebagai penggantinya.

Seperti diketahui, pemberhentian Tgk Muharuddin dari Ketua DPRA tersebut tertuang dalam SK bernomor 0063/DPA-PA/X/2018 tertanggal 2 Oktober 2018 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Partai Aceh Muzakir Manaf (Mualem) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kamaruddin Abubakar (Abu Razak).

Saat ini, surat pergantian Ketua DPRA dari Muharuddin ke Sulaiman telah diserahkan kepada pimpinan DPRA untuk segera di proses. Sulaiman sendiri adalah anggota DPRA yang juga berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) V yang meliputi Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Pasca keluarnya surat pergantian Ketua DPRA oleh Partai Aceh tersebut, berbagai spekulasi sempat berkembang di tengah masyarakat. Ada yang menganggap Muharuddin tidak lagi akur dengan Mantan Panglima GAM (Mualem), dan tidak sedikit juga yang beranggapan karena pencalonannya sebagai anggota DPR RI. Isu miring tersebut sangat kentara terdengar ditengah-tengah masyarakat Aceh. Namun benarkah demikian?

Menanggapi isu miring tersebut, Muharuddin pun angkat bicara sekaligus memperjelas sikapnya atas keputusan yang diambil oleh Partai Aceh. Pria yang dikenal santun ini secara bla-blakan mengutarakan perihal pemberhentian dirinya dari jabatan Ketua DPRA.

Sebagai kader, Muharuddin mengaku siap untuk mengikuti segala keputusan yang dikeluarkan oleh Partai Aceh. Secara khusus, Muhar juga mengaku akan tunduk terhadap keputusan Mualem selaku pimpinan partai yang lahir dari rahim perjuangan GAM itu.

“Sebagai Ketua Umum, Mualem sudah memikirkan matang-matang terkait proses pergantian ini, dan sebagai kader Partai Aceh, saya juga sudah siap menerima segala keputusan tersebut,” kata Muharuddin, saat menggelar konferensi pers dengan sejumlah wartawan usai memimpin rapat Badan Musyawarah (Banmus) tentang pergantian Ketua DPRA, Senin (5/11/2018).

Muhar pun tidak luput menyampaikan terimakasih kepada Mualem dan Partai Aceh atas kepercayaan yang diberikan selama ini, yang menurutnya bukanlah perkara mudah mendapat kepercayaan untuk menduduki jabatan orang nomor satu di tubuh Legislatif Aceh (Ketua DPRA).

“Saya menyampaikan terimakasih kepada Mualem selaku pimpinan Partai Aceh atas dukungan dan kepercayaan selama ini. Apapun hasil keputusan dari beliau akan tetap kita ikuti dan kita laksanakan,” ungkap Muharuddin.

Muhar juga mengaku bahwa dirinya sama sekali tidak mempertanyakan perihal pergantiannya sebagai Ketua DPRA. “Keputusan ini sudah dipikir secara matang oleh Mualem selaku pimpinan Partai Aceh, dan saya juga menerima dengan lapang dada akan keputusan ini,” demikian ungkap Muharuddin.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Aceh DPRA Iskandar Usman Al-Farlaky mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti proses pergantian Ketua DPRA sisa masa jabatan periode 2014-2019. Katanya, proses pergantian Ketua DPRA dari Tgk Muharuddin kepada Sulaiman ditargetkan akan rampung sebelum pengesahan APBA 2019.

Sharing is caring