New here? Register. ×
×

Puluhan Kendaraan di Takengon Terjaring Razia Zebra Rencong

no comments
30Okt

RUBERNEWS.COM, Takengon | Puluhan kendaraan roda empat dan roda dua di Kota Takengon terjaring razia operasi Zebra Rencong 2018 yang digelar oleh Satlantas Polres Aceh Tengah. Puluhan kendaraan yang ditilang petugas didominasi pelanggaran tidak melengkapi surat-surat saat berkendara.

Pantauan rubernews.com di lokasi digelarnya razia atau tepatnya di Kampung Reje Bukit, Takengon, Selasa (30/10/2018), terlihat pelanggaran yang masih dominan seperti tidak mengenakan helm, tidak membawa surat-surat bahkan ada yang belum memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi).

Para pengendara itu terpaksa harus berurusan dengan Polisi Lalu Lintas Polres Aceh Tengah.

Kasatlantas Polres Aceh Tengah Iptu Rina Bintar Handayani, S.Ik melalui KBO Satlantas Ipda M. Yogi Pratama menuturkan, pihaknya akan menindak 7 pelanggaran yang rentan menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

“Tujuh pelanggaran ini yang menjadi penyebab seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas, diantaranya, tidak menggunakan helm SNI bagi pengendara motor, pengendara yang masih dibawah umur yang tidak memiliki SIM, pengendara yang melebihi batas kecepatan, penggunaan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat, berkendara pada saat dalam keadaan mabuk atau pengaruh Narkoba, melawan arus dan bermain handpon saat berkendara” tutur Ipda Yogi.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan menindak pengendara yang menggunakan kendaraan tidak sesuai dengan peruntukanya.

“Kendaraan yang seharusnya digunakan untuk mengangkut barang, namun digunakan untuk mengangkut orang. Ini juga akan kami tindak. Sekaligus pengendara yang berboncengan melebihi kapasitas (bonceng tiga)” katanya.

Tujuan dari operasi Zebra itu kata Yogi, supaya para pelanggar mendapatkan efek jera saat ditilang oleh Satuan Polisi Lalulintas. Sementara, pengendara yang ditilang akan melengkapi surat-surat saat berkendara.

“Kami akan tingkatkan intensitas kami dalam melakukan razia dan patroli untuk para pelanggar yang melanggar tujuh fokus utama tersebut, untuk itu kami menghimbau bagi pengguna jalan supaya dapat lebih disiplin dalam berlalu lintas. Tetap lengkapi surat-surat kendaraan” himbaunya.

Ketika dikonfirmasi titik lokasi yang akan difokuskan untuk menggelar Razia Rencong tersebut, pria berkulit sawo matang ini tak bersedia memberitahu. Ia hanya kembali menekankan bahwa dalam masa operasi ini, pihaknya akan meningkatkan intensitas razia.

“Kami akan melakukan razia jika tidak pagi bisa saja sore. Intinya kami akan terus melakukan razia dan patroli” tutupnya

Untuk diketahui, Operasi Razia Rencong tahun 2018 digelar serentak diseluruh wilayah di Indonesia mulai 30 Oktober hingga 12 November 2018. Operasi tahunan ini bekerjasama dengan Polisi Militer TNI, Dinas Perhubungan dan stake holder.

Sharing is caring