New here? Register. ×
×

Muhammadiyah Lhokseumawe Buka Pusat Kesehatan di Pesantren

no comments
28Okt

RUBERNEWS.COM, Lhokseumawe | Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Lhokseumawe melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) membuka Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) di Dayah Modern Ihyaaussunnah, Gampong Tumpok Teungoh, Kec. Banda Sakti. Poskestren pertama di kota Lhokseumawe ini dibiayai dari infaq dan sumbangan para donatur Lazismu.

Pemotongan pita tanda dimulainya operasional Poskestren dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Lhokseumawe, dr Said Alam Zulfikar, Minggu (28/10/2018) serta dihadiri ratusan tamu dan undangan.

Ketua Lazismu Lhokseumawe, Farhan Zuhri mengatakan, Poskestren didesain untuk pelayanan kesehatan bagi santri di Dayah Modern Ihyaaussunnah. Dalam operasionalnya, Poskestren ini tidak membebankan biaya bagi para pasien. Sementara untuk tenaga medis seperti dokter dan perawat dikoordinir oleh dr Rahmawati serta di SK kan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lhokseumawe.

“Proses pembuatan Poskestren baik berupa konstruksi maupun mobiler berasal dari Infaq Muqayyad (terikat) dari donatur melalui Lazismu Lhokseumawe. Pendanaan operasional Poskestren juga berasal dari infaq para donatur, infaq pasien yang memberi donasi seikhlasnya walaupun pada dasarnya tidak dipungut biaya” tutur Farhan.

Dengan dimulainya operasional Poskestren di dayah ini, ia berharap terjadi peningkatan status atau merger menjadi Klinik Muhammadiyah pada masa yang akan datang.

“Kedepannya, status Poskestren yang diresmikan hari ini diharapkan terus bergerak naik hingga kita upayakan bisa merger menjadi KLINIKMU serta bisa memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat luas” harapnya.

 

Sharing is caring