New here? Register. ×
×

KIP Langsa: Caleg dari Organisasi Non Pemerintah Tidak Wajib Mundur

no comments
22Okt

Rubernews.com | Calon Legislatif (Caleg) yang masih merangkap jabatan dan masih menerima fasilitas Negara wajib mengundurkan diri dari jabatannya. Hal tersebut dikatakan Divisi Teknis Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa, Samsul Bahri kepada rubernews.com, Senin (22/10) di Sekretariat KIP setempat.

“Pendaftaran para Caleg yang akan maju pada Pemilu tahun 2019 mendatang sudah dilaksanakan sesuai PKPU No 20 tahun 2018 dan PP No 32 tahun 2018,” tuturnya.

Dijelaskannya, sesuai aturan tersebut Caleg yang menjabat di dalam sebuah organisasi yang bukan badan pemerintah tidak diwajibkan untuk mengundurkan diri terkecuali aturan dari organisasi bersangkutan.

“Yang wajib mengundurkan diri yaitu Caleg yang merupakan Badan Pemerintah lainnya bersumber anggaran dari pemerintah, baik APBK, APBA maupun APBN,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Divisi Teknis KIP Aceh, Munawarsyah menjawab rubernews.com melalui WhatsApp Mesengger, Senin (22/10). Caleg yang bukan dari organisasi maupun badan pemerintah lainnya tidak diwajibkan mengundurkan diri.

Selain itu, KIP sudah melakukan berbagai upaya guna mengantisipasi persoalan rangkap jabatan sejak fase penerimaan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg).

Sharing is caring