New here? Register. ×
×

Bendera Alam Peudeng di Makam Raja Langsa Hebohkan Warga

no comments
Written by Mustafa Rani | Published in DAERAH, KEBUDAYAAN
22Okt

Rubernews.com | Masyarakat Gampong Baroh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh dihebohkan dengan Dua tiang bendera Alam Peudeng yang menancap di area Makam Raja Langsa, Senin (22/10).

“Sebelumnya tidak pernah terjadi hal-hal seperti ini. Kami warga terkejut, kok bisa ada bendera di area makam,” ujar Abdul Azis salah seorang warga kepada rubernews.com, (22/10).

Informasi dihimpun rubernews.com, kedua bendera tersebut diketahui warga sejak pagi tertancap di dua titik di area makam tersebut.

Sekitar pukul 07.30 WIB seorang warga bernama Hamdan (48), saat melintas di Makam Raja Langsa melihat adanya bendera Alam Peudeung yang berkibar di samping kiri bangunan Makam dan di depan Kamar Mandi (Toilet).

Kemudian Hamdan memberitahukan kepada penjaga makam raja Langsa Abdul Azis (45), Setelah mendapat informasi tersebut, Abdul Azis melapor kepada Geuchik Baroh Langsa Lama, Anthony dan Kemudian Geuchik Anthony melapor ke Bhabinkamtibmas Polsek Langsa Timur Bripda Khairunisa.

Sebelumnya, pengibaran bendera Alam Peudeng secara resmi juga pernah dilakukan oleh persatuan raja-raja Aceh di Banda Aceh beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diberitakan, Keturunan pewaris Kerjaan Aceh Darussalam beserta sejumlah Majelis Istiadat Diraja, mengibarkan bendera pemersatu Alam Peudeung berdampingan dengan bendera merah putih dihalaman Istana Adat Kerajaan Aceh Darussalam di Blang Oi, Meuraxa, Banda Aceh, Selasa (11/9) lalu.

Dimana, hal tersebut diyakini sebagai simbol dimulainya kembali gerakan budaya sesuai warisan perjuangan leluhur untuk mengembalikan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Aceh.

“Ini simbol pemersatu. Kita berharap ini awal menyelaraskan kembali warisan budaya yang bersemangat bersendikan Kitabullah dan sunnah Rasulullah,” sebut Panglima Besar Majelis Diraja Kerajaan Aceh Darussalam, Muzakir Ridha.

Muzakir menuturkan, bendera alam peudeng merupakan bendera perekat atau pemersatu kerajaan Aceh Darussalam dimasa lalu dan hingga kini terus dipertahankan keberadaannya.

Dia juga berharap agar Pemerintah Aceh dapat menggunakan bendera Alam Peudeng sebagai bendera daerah yang dapat menyatukan semua komponen rakyat Aceh.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak terkait.

Sharing is caring