New here? Register. ×
×

Aktivis HMI Langsa Unjuk Rasa Ke Mapolres

no comments
Written by Mustafa Rani | Published in DAERAH, HUKUM
26Sep

Rubernews.com | Puluhan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Langsa, berunjuk rasa ke Mapolres setempat terkait aksi pemukulan yang dilakukan oknum petugas polisi kepada kader HMI di beberapa daerah di Indonesia, Rabu (26/9).

“Ini sebagai aksi solidaritas atas kasus kekerasan yang dilakukan polisi kepada kader HMI di beberapa daerah saat melakukan unjuk rasa,” ujar Dedek Ardiansya, Kordinator lapangan saat melakukan orasi.

Dalam petisinya, HMI cabang Langsa mengutuk tindakan aparat kepolisian yang membatasi ruang-ruang aspirasi langsung oleh mahasiswa.

Selain itu, mereka juga minta segera menangkap oknum yang dengan sengaja membuat terjadinya bentrokan antara mahasiswa dan kepolisian.

“Kami meminta Kapolri mengusut tuntas tindakan represif yang dilakukan oleh anggota kepolisian terhadap mahasiswa,” tutur Dedek Ardiansya.

Selain itu, kata Dedek, meminta Kapolri untuk mengevaluasi kinerja Kapolda Bengkulu dan Sumut serta meminta Kapolri untuk mengintruksikan Kapolres Kota Medan untuk meminta maaf kepada mahasiswa dengan berbicara di media masa, cetak maupun online.

Sementara Wakapolres Langsa, Kompol Budi Darma SH saat menerima sejumlah aktivis HMI di halaman Mapolres setempat mengatakan, apa yang menjadi aspirasi mahasiswa akan disampaikan kepada Kapolres yang saat ini sedang berada di luar Kota.

“Terimakasih atas kehadiran adik adik mahasiswa yang telah bersedia bersilaturahmi ke Mapolres,” ujarnya.

Dikatakannya, terkait pemukulan yang terjadi kepada adik adik mahasiswa di beberapa tempat di Indonesia merupakan perbuatan oknum, bukan institusi.

“Itu dilakukan oleh beberapa oknum petugas, bukan instruksi institusi kepolisian. Namun demikian, kita menampung apa yang menjadi aspirasi adik adik mahasiswa,” imbuhnya.

Sharing is caring