New here? Register. ×
×

Mahasiswa KKN Muhammadiyah untuk Negeri Lakukan Sosialisasi Bahaya Narkoba

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in KESEHATAN, NASIONAL
03Sep

Rubernews.com | Sebanyak 800 lebih pelajar SMPN 1 Rembang Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah mengikuti Seminar Bahaya Narkoba yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Muhammadiyah untuk Negeri angkatan ke V Kelompok 63 Desa Losari. Acara tersebut berlangsung di Aula SMPN 1 Rembang, Jumat (31/92018).

Husnul Jamilah, Mahasiswa KKN untuk Negeri Ke V dari Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka Jakarta menyatakan bahwa penyalahgunaan Narkoba di Indonesia kian hari semakin meningkat. Pada tahun 2016 angka penyalahgunaan narkoba mencapai 4.173.633 jiwa. Dari jumlah tersebut, 1.632.636 jiwa termasuk dalam katagori adiksi coba pakai, 1.539.360 jiwa teratur pakai, 70.001 jiwa pecandu suntik dan 931.636 termasuk kedalam pecandu non suntik. “Saat ini indonesia menjadi sasaran peredaran gelap narkoba dari berbagai Negara diseluruh dunia,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Mahasiswa KKN Muhammadiyah untuk Negeri Angkatan Ke V Kelompok 63 Desa Losari, menyatakan bahwa, selayaknya mahasiswa turut andil dalam mencegah peredaran narkoba, terutama di kalangan para pelajar dan mahasiswa. “Masalaah tersebut bukan hanya tanggung jawab pihak kepolisian atau BNN saja, namun hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai pewaris kemerdekaan Bangsa ini,” ujar Husnul.

Dalam seminar tersebut, Mahasiswa KKN Muhammadiya untuk Negeri mengajak kepada seluruh peserta seminar untuk berperan dalam memerangi bahaya narkoba di Kabupaten Purbalingga. Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) harus di cegah Sebagai bukti kepedulian generasi terhadap kondisi bangsa.

“Selain itu, penggunaan Komix (Salah satu merk obat batuk sirop dalam bentuk sachet) yang berlebihan 15 sampai 20 sachet diminum sekaligus bisa menyebabkan over dosis, bahkan berujung kepada kematian. Maka dari itu kami sebagai mahasiswa KKN bertanggung jawab dalam melakukan upaya preventif terhadap penyalahgunaan obat-obat terlarang tersebut,” kata Husnul.

Disesi terakhir, Mahasiswa KKN Muhammadiyah untuk Negeri mengingatkan kepada peserta seminar, bahwa tiap tahunnya sekitar 5,1 juta orang meninggal dunia akibat penyalahgunaan narkoba, setiap hari 40 sampai 50 orang yang mati karena mengkonsumsi narkoba. “Untuk itu, Mahasiswa KKN mengajak peserta seminar untuk menjauhi Narkoba sebelum dunia menjahui kita, Say No To Drugs. Prestasi Yes Narkoba No,” tutupnya.

Sharing is caring