New here? Register. ×
×

24 Pejabat Eselon II Aceh Tengah Segera Dirotasi

no comments
Written by Karmiadi Arinos | Published in BERITA PILIHAN, DAERAH
29Agu

Rubernews.com | Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar saat ini sudah mengantongi 24 nama pejabat Eselon II yang telah usai mengikuti uji kompetensi beberapa hari yang lalu. Uji Kompetisi tersebut dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten setempat.

Ke 24 nama tersebut sudah siap untuk di rotasi, dan saat ini hanya menungu eksekusi yang akan dilakukan oleh Shabela Abubakar. Shabela sendiri saat ditanya awak media membenarkan nama-nama 24 Kepala Dinas serta Asisten yang telah selesai mengikuti Kompetensi sudah ada ditanganya.

“Benar, nama-nama mereka dan nilai sudah ada ditangan saya. Dan tim Pansel serta Assesor telah memberikan keterangan terkait dengan hasil uji kompetensi. Saya akan ambil keputusan nanti pada waktunya untuk melakukan rotasi,” kata Shabela Abubakar,” Selasa (28/8/2018).

Menurut Shabela saat ini memang sudah saatnya untuk melakukan perombakan di beberapa bidang (dinas-red), namun masih menungu waktu yang tepat. “Saya akan melakukan mutasi untuk eselon III dahulu, setelah itu baru rotasi eselon II hasil kompetensi. Dan ini kemungkinan besar akan terjadi di awal september dan seterusnya,” ucap Shabela.

Uji kompetensi sendiri dilakukan agar bupati sendiri tidak lagi “meraba-raba” siapa untuk ditempatkan dimana dan seterusnya. Tekait hal tersebut, Sekretaris BKD setempat Drs. Mirwansyah, Msi mengatakan bahwa salah satu penataan organisasi (PP 11 2017) tentang pengisian jabatan yang lowong dapat dilakukan melalui kompetensi dan seleksi terbuka.

Menurut Mirwansyah, setelah dilakukan koordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk kabupaten Aceh Tengah harus dilakukan ujian Kompetensi. Pesertanya eselon II yang saat ini menduduki jabatan di dinas. “Kita ingin tahu apakah eselon II sekarang sudah benar “bisa” ditempat sekarang, kalau tidak bisa berarti harus turun ke eselon III,” ujarnya.

Lanjut Mirwansyah, peserta undangan ada 27 orang, karena kepala dinas ada 34 selebihnya enam kosong serta ada tiga yang absen. Sedangkan yang ikut ada 24. Seterusnya ada tiga absen. “Satu sakit, satunya lagi naik haji dan seterusnya ada persiapan pensiun,” ungkap Mirwansyah.

Pelaksanaan kegiatan uji kompetensi memang telah selesai, dan “bola dingin” sudah berada ditangan bupati Shabela Abubakar. Namun kegiatan yang telah terlaksana tersebut mendapatkan kritikan dari salah seorang peserta yang namanya enggan di tulis.

Menurut sangkaannya, besaran anggaran yang dilakukan untuk kegiatan kompetensi tersebut sangat tidak sebanding dengan apa yang telah dihasilkan, apalagi kegiatan kompetensi tersebut digabungkan dengan kegiatan lain yang memakan anggaran mencapai Rp 1.340.925.000 (Satu milyar tiga ratus empat puluh juta sembilan ratus dua puluh lima ribu rupiah).

Sharing is caring