New here? Register. ×
×

Mantan Sekjen PBB Kofi Annan Meninggal Dunia

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in INTERNASIONAL
  • Kofi-Annan
18Agu
= 371

Rubernews.com | Mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) meninggal dunia pada usia 80 tahun. Dia tutup usia pada Sabtu (18/8/2018) dini hari.

Berdasarkan keterangan pihak Kofi Annan Foundation dalam sebuah pernyataan, Koffi Annan yang merupakan peraih Hadiah Nobel Perdamaian untuk pekerjaan kemanusiaan, meninggal dunia setelah diserang penyakit yang singkat.

“Dia meninggal dengan tenang pada hari Sabtu setelah penyakit yang singkat,” demikian keterangan dari pihak Kofi Annan Foundation.

Koffi Annan merupakan diplomat asal Ghana yang peduli terhadap kondisi sosial di berbagai negara belahan dunia. Koffi Annan adalah Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-7 yang menjabat sejak Januari 1997 sampai Desember 2006. Annan dan PBB adalah penerima Hadiah Nobel Perdamaian. Ia adalah pendiri dan Ketua Koffi Annan Foundation sekaligus ketua the Elders, organisasi internasional yang didirikan oleh Nelson Mandela.

Annan lahir di Kumasi dan mendalami ilmu ekonomi di Macalester College, hubungan internasional di Graduate Institute Geneva, dan manajemen di MIT. Annan bergabung dengan PBB tahun 1962 dan bekerja di Organisasi Kesehatan Dunia cabang Jenewa.

Ia kemudian memegang beberapa jabatan di Markas PBB, termasuk Wakil Sekretaris Jenderal bidang penjagaan perdamaian sejak Maret 1992 sampai Desember 1996. Ia dipilih sebagai Sekjen PBB pada tanggal 13 Desember 1992 oleh Dewan Keamanan, lalu disahkan oleh Majelis Umum. Ia menjadi Sekretaris Jenderal pertama yang berasal dari kalangan staf PBB. Ia terpilih lagi untuk periode kedua pada tahun 2001 dan digantikan oleh Ban Ki-Moon pada 1 Januari 2007.

Sebagai Sekretaris Jenderal, Annan mereformasi birokrasi PBB; merintis program melawan HIV, khususnya di Afrika; dan meluncurkan UN Global Compact. Ia sempat dikritik karena tidak memperbesar Dewan Keamanan dan diminta mundur pasca-investigasi Oil-for-Food Programe.

Setelah keluar dari PBB, ia mendirikan Kofi Annan Foundation yang bergerak di bidang pembangunan internasional pada tahun 2007. Tahun 2012, Annan menjabat sebagai Utusan Khusus Bersama PBB–Liga Arab untuk Suriah untuk menemukan solusi konflik berkepanjang di sana.

Annan keluar karena PBB bergerak lambat dalam resolusi konflik Suriah. Pada September 2016, Annan memimpin komisi PBB untuk menyelidiki krisis Rohinga.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]