New here? Register. ×
×

Dinas Peternakan Pidie Jaya Suntik Vaksin 8000 Ekor Ternak Masyarakat

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in DAERAH, KESEHATAN
09Agu

Rubernews.com | Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pidie Jaya melakukan suntikan Imunisasi SE dan ND di delapan kecamatan yang dijadwalkan mulai tanggal 8-29 Agustus 2018, dengan target suntikan 8000 ternak di Pidie Jaya.

Berdasarakan pantauan langsung media ini ke lokasi ternak di Gampong Sarah Mane, Kecamatan Meurah Dua, Kamis (9/8/2018), telah dilaksanakan suntikan terhadap puluhan ternak lembu di gampong tersebut.

Nuruzzahri, salah satu Mantri Hewan yang ikut menyuntik hewan ternak di Gampong Sarah Mane mengatakan, kegunaan suntikan vaksin ini untuk mencegah penyakit ngorok pada hewan ternak dengan tanpa efek samping.

“Tujuan suntikan vaksin SE tersebut adalah untuk mencegah terjadinya penyakit ngorok pada hewan ternak, seperti lembu, kerbau, biri-biri, kambing dan kibas. Disamping itu, para petugas ada juga melakukan suntikan vitamin dan pengobatan terhadap hewan ternak masyarakat,” jelasnya.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Pidie Jaya, Burhanuddin, SP melalui Kabid  Peternakan dan Kesehatan Hewan, T.M. Daud, S.Pt mengatakan suntikan vaksin tersebut merupakan program Pemerintah Kabupaten yang juga program tahunan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Bunnak) dalam menjaga kesehatan hewan ternak di Pidie Jaya. Bahkan rutin dilakukan setiap tahun sekali.

“Penyuntikan vaksin SE dan ND merupakan upaya pencegahan penyakit ngorok pada hewan ternak. Apa yang kami lakukan ini adalah pencegahan sebelum menjangkit. Tetapi apabila ada ternak masyarakat yang sudah berjangkit (sakit) bersamaan saat pencegahan ini,  kami juga akan membantu jika pemilik ternak menyuruh kepada kami. Sebab apa yang kami lakukan adalah mensejahterakan peternak agar ternaknya bisa berhasil,” sebutnya.

Untuk tahun ini (2018), kata Daud, Pemerintah meneyediakan vaksin sebanyak delapan ribu (8000) ekor ternak, dan sampai saat ini telah dilakukan penyuntikan di lima (5) kecamatan, yaitu Bandar Dua, Meurah Dua, Jangka Buya, Ulim dan Meureudu.

“Sedangkan di tiga kecamatan lain, yaitu Tringgadeng, Pante Raja dan Bandar Baru akan kami lakukan dalam beberapa hari ini. Tapi inti target, sampai tanggal 29 Agustus 2019 harus sudah selesai semuanya,” ungkap kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Sementara, secara terpisah, salah satu masyarakat Sarah Mane, Sulaiman, berterimakasih kepada pihak Bunnak yang telah menyuntik sebanyak enam ekor lembu miliknya.

“Terimakasih pak Mantri, bapak telah membantu kami. Bayangkan kalau kami nyuruh mantri hewan untuk suntik lembu kami sebanyak enam ekor ini, kan udah Rp 300.000,” ucap Sulaiman, seraya berharap agar penyuntikan ini dilakukan setahun dua kali dengan penyuntikan yang berbeda. [Ismed]

Sharing is caring