New here? Register. ×
×

Alam Peudeng Panji Pemersatu Aceh

no comments
Written by Redaksi 3 | Published in DAERAH, KEBUDAYAAN
06Agu

Rubernews.com | Panji Alam Peudeng yang dikibarkan sejumlah pengawal pasukan kerajaan Linge, Aceh Tengah mewarnai kirab budaya pada ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 di Banda Aceh, Senin (6/8).

Amatan wartawan, sejumlah pemuda yang merupakan pengawal kerajaan Linge berjalan beriringan pada barisan paling depan. Dibelakangnya, tiga ekor gajah berjalan perlahan yang ditunggangi Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Pangdam Iskandar Muda dan Waka Polda Aceh.

IMG-20180806-WA0115

Konvoi kirab budaya bermula di kawasan Masjid Raya Baiturrahman terus menyisir Museum Tsunami, Museum Aceh dan berakhir di lapangan Blang Padang.

Seorang pengunjung warga Banda Aceh, Muhamamd menuturkan, pawai budaya tersebut sangat semarak, terlebih adanya tiga ekor gajah yang berasal dari Aceh Tengah itu.

Dimana, kata dia, satu diantaranya dicat berwarna putih sehingga menunjukan simbol kejayaan masa lampau yakni gajah putih.

“Ini luar biasa kita melihat panji kerajaan Linge berupa alam peudeng yang diyakini merupakan simbol pemersatu Aceh,” ujarnya.

Lebih dari itu, ia menyayangkan sikap pemerintah Aceh yang memaksakan bendera bulan bintang sebagai bendera Aceh. Padahal, bendera alam peudeng seperti kerjaan Linge lebih referensetatif mewakili ke Acehan dan kearifan lokal.

“Semoga pemangku kepentingan di Aceh bisa lebih bijak dalam soal bendera ini. Kami rakyat kecil ingin perdamaian abadi dan semua bisa bersatu,” pungkas Muhamamad.

Sharing is caring