New here? Register. ×
×

Cegah Penularan Virus, Pemkab Pidie Jaya Kampanyekan Imunisasi Measles Rubella

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in DAERAH, KESEHATAN
02Agu

Rubernews.com | Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya melalui Dinas Kesehatan melakukan Kampanye Pencanangan Imunisasi Measles Rubella (MR) yang dilaksanakan di kompleks Sekolah Dasar Negeri I Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua, Rabu (1/08/2018).

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Pidie Jaya, Kadis Kesehatan, kepala puskesmas, para dokter, bidan, tenaga medis kabupatem Pidie Jaya, koramil dan kapolsek Bandar Dua, juga dewan guru dan murid-murid SDN I Ulee Gle.

Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) merupakan suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk pencegahan dan memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun. Maka hal ini dilakukan pada anak usia Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Jaya, H. Said Abdullah dalam pembukaannya menjelaskan bahwa mencanangkan kampanye Measles Rubella merupakan upaya pemerintah untuk mencegah penyakit ini menjangkit generasi Pidie Jaya.

“Pencanangan kampanye imunisasi measles rubella adalah upaya pencegehan melalui suntikan yang akan dilaksanakan oleh puskesmas-puskesmas disetiap kecamatan di Pidie Jaya. Bahkan Dinas Kesehatan Pidie Jaya telah melaksanakan di beberapa kecamatan. Sedangkan hari ini merupakan pencanangan tingkat kabupaten yang hanya dilaksanakan satu kali disetiap kabupaten/kota,” ucap Said Abdullah.

Sementara Wakil Bupati Pidie Jaya H. Said Mulyadi, SE, M.Si yang akrab disapa Waled, dalam sambutannya mengharapkan bahwa kampanye imunisasi measles rubella benar-benar harus dilaksanakan kepada seluruh anak-anak usia Sekolah Dasar. Karena melaksanakan pencegahan lebih mudah ketimbang mengobati.

“Dalam pencadangan kampanye imunisasi ini, merupakan upaya kita bersama dalam mencegah terjangkitnya penyakit Meales Rubella, yang juga sejenis campak dan cacar. Oleh karena itu, pencegahan harus benar-benar dilaksanakan dalam bentuk imunisasi secara bergiiliran namun menyeluruh,” ungkap Waled.

Waled juga menjelaskan alasan dilaksanakan pencadangan kampanye imunisasi ini dilaksanakan di SDN Ulee Gle karena menurut Waled SD ini memiliki kedisiplinan yang tinggi dan bahkan setiap hari Jumat, selalu melasaksanakan baca Yasin secara rutin.

“Sekolah Dasar Negeri Ulee Gle merupakan salah satu sekolah yang muridnya cukup banyak dan juga memiliki kediseplinan yang tinggi. Bahkan disetiap hari jumat, murid-murid selalu rutin Yasinan secara berjamaah. Hal ini membanggakan bagi kami. Semoga saja hal ini bisa dipertahankan,” pungkas Waled.

Sharing is caring