New here? Register. ×
×

Mahasiswa KKN UTU Bantu Warga Kembangkan Ekonomi Kreatif

no comments
Written by Mustafaruddin | Published in DAERAH, EKONOMI
  • Screenshot_2018-07-27-22-54-46_com.android.chrome_1532706952033
27Jul
= 370

Rubernews.com | Mahasiswa dari Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh Barat yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Alue Jerjak Kecamatan Babahrot Aceh Barat Daya (Abdya), mengajak warga setempat untuk mengembangkan ekonomi kreatif, yakni ikan dan pertanian.

Kegiatan yang mengusung tema “Gerakan Ekonomi Rakyat Penerapan Teknologi Budidaya Mina Padi (Ikan dan Padi) yang Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan” dilaksanakan pada Kamis (26/7/2018).

Apa yang dilakukan masyarakat itu bukan tanpa alasan. Sebab wilayah Kecamatan Babahrot sendiri dikenal memiliki kekayaan alam dan potensi ekonomi yang cukup besar. Untuk itulah para mahasiswa tergerak hatinya membantu memaksimalkan potensi yang ada di wilayah Kecamatan Babahrot.

“Selain keindahan alamnya, Kecamatan Babhrot juga memiliki potensi pembibitan ikan dan pertanian yang besar. Potensi ini bisa diberdayakan melalui pengembangan ekonomi kreatif dengan melakukan pendampingan langsung kepada warga setempat,” kata Kordes KKN Alue Jerjak Eri Anto, Kamis (26/7/2018).

Program ini merupakan sebuah investasi masa depan bagi kelompok-kelompok yang akan dikembangkan dan diterapkan sebagi bentuk pengembangan ekonomi kreatif pada masing-masing daerah asal anggota kelompok ini,” ujarnya.

Selain itu, Eri Anto mengatakan bahwa banyak sekali kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh kelompoknya sehingga sangat menyentuh langsung kepada masyarakat dan menjadi bekal serta pengalaman tersendiri bagi peserta KKN.

Keuchik Gampong Alue jerjak Salma Irdi mengatakan, dampak program ini akan menjadikan warga lebih kreatif dalam menghadapi perkembangan ekonomi saat ini, sebab sekarang banyak masyarakat yang kurang produktif dalam memanfaatkan lahan persawahan sebagai kolam ikan sehingga warga kurang kreatif untuk mengolah kreativitas dari sumber daya desa sendiri sebagai mata pencaharia.

Sementara itu, masyarakat Desa Alue Jerjak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai. Pada pukul 17.00 WIB dibuka oleh saudara Eri Yanto selaku Kordes Alue Jerejak.

Hal senada juga diutarakan Camat setempat Abdul Haris. Dia mengatakan, program tersebut sangat bagus untuk masyarakat Desa Alue Jerjak dalam meningkatkan perekonomian yang berbasis memanfaatkan lahan yang ada guna mencapai kesejahteraan masyarakat yang bersifat berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]