New here? Register. ×
×

Mengenal Dr. Ernita Dewi, Dekan FISIP UIN Ar-Raniry

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in BERITA PILIHAN, DAERAH, TOKOH
22Jul

Rubernews.com | Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Prof. Dr. Warul Walidin AK, MA baru saja melantik para Dekan dan pejabat lainnya di lingkungan kampus setempat. Salah satu Dekan yang dilantik adalah Dr. Ernita Dewi, S.Ag, M.Hum sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP).

FISIP merupakan salah satu fakultas yang berdiri pasca kampus jantung hati rakyat Aceh itu dikonversi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) pada tanggal 1 Oktober 2013 silam. Fakultas Ilmu Sosial dan Pemerintahan (FISIP) didirikan pada 11 Juli 2014 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3896 tahun 2014 dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 07/E/O/2014.

Hadirnya Fakultas FISIP dan beberapa Fakultas baru lainnya pasca berubah status menjadi UIN, telah menandai era baru eksistensi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dalam kancah pendidikan di Aceh dan Indonesia untuk mewujudkan tatanan sosial, perpolitikan dan pemerintahan yang bernuansa islami di tanah air.

Sebelum Dr. Ernita Dewi, S.Ag, M.Hum dilantik, Dekan FISIP UIN Ar-Raniry periode pertama dijabat oleh Prof. Dr. M. Nasir Budiman, MA. Sementara Ernita Dewi kala itu menjabat sebagai Ketua Prodi Ilmu Politik FISIP UIN Ar-Raniry kurun waktu 2014-2016.

Dr. Ernita Dewi, S.Ag, M.Hum merupakan jebolan UIN Ar-Raniry (dulu IAIN). Wanita kelahiran Tanjong Usi, Pidie 23 Juli 1973 ini menyelesaikan gelar Sarjana (S1) pada Fakultas Ushuluddin Jurusan Aqidah dan Filsafat tahun 1996. Kemudian melanjutkan study Magister (S2) pada Fakultas Filsafat Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta.

Setelah meraih gelar Magister di UGM pada tahun 2000, perempuan cantik yang dikenal santun dan lembut itu mengajar di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry. Setelah mengajar sekian tahun kemudian beliau melanjutkan Program Doktoral (S3) di Universitas Islam Negeri (UIN) Medan, dan meraih gelar Doktor pada Program Study Agama dan Filsafat Islam tahun 2017.

Sebelum diangkat menjadi Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP), beberapa jabatan yang pernah diemban Ernita Dewi diantaranya Ketua Laboratorium Prodi Aqidah dan Filsafat (2004-2008), Ketua Prodi Aqidah dan Filsafat Fakultas Ushuluddin (2009-2014), dan Ketua Prodi Ilmu Politik FISIP UIN Ar-Raniry (2014-2016).

Selain aktif sebagai Akademisi, Dr. Ernita Dewi, S.Ag, M.Hum juga terlibat aktif di berbagai penelitan diantaranya tim peneliti Acsess to Justice kerja sama Fakultas Hukum Unsyiah dan UNDP (2006). Pada kurun 2006-2009, juga aktif sebagai Consultan Legal Empowerment, Dk International Development Law Organization Aceh. Kemudian pada awal 2018, ia juga terpilih sebagai salah satu Tim Panitia Seleksi (Pansel) Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh periode 2018-2023. Di bidang organisasi kemasyarakatan, Ernita Dewi juga aktif sebagai Pengurus Majelis Dakwah Islamiah Aceh.

Baca Juga: Rektor UIN Ar-Raniry Lantik Para Dekan dan Direktur Pasca, Berikut Nama-namanya

Sharing is caring