New here? Register. ×
×

Luar Biasa, Kekayaan Bos Amazon Setara APBN Indonesia

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in EKONOMI, NASIONAL, TOKOH
  • CEO Amazon.com Inc Jeffrey Preston Bezos (54).
18Jul
= 628

Rubernews.com | Bloomberg Billionaires Index telah merilis daftar terbaru orang terkaya di dunia. Dalam rilis terbarunya itu, Bloomberg telah menempatkan CEO Amazon.com Inc Jeffrey Preston Bezos (54) sebagai orang terkaya di dunia. Kekayaan Bos Amazon ini telah mengalahkan pendiri Microsoft Corp, Bill Gates yang belakangan ini selalu duduk di urutan teratas sebagai orang terkaya di dunia.

Bos Amazone memiliki kekayaan mencapai USD151 miliar atau setara Rp2.174 triliun (kurs Rp14.400 per dolar AS), atau lebih banyak USD55 miliar daripada Bill Gates. Bos Microsoft Corp pada daftar Bloomberg tercatat hanya memiliki kekayaan USD95,4 miliar. Gates harus rela turun ke tempat kedua sebagai pengusaha terkaya di dunia.

Kekayaan bersih Bezos meningkat signifikan yakni USD51,5 miliar sepanjang tahun ini, lebih besar dari seluruh kekayaan pesaingnya Chairman Alibaba Group Holding Jack Ma yang mencapai USD44 miliar. Jumlah ini juga menempatkan kekayaan pribadi Bezos mendekati kekayaan keluarga Walton, dinasti terkaya di dunia dengan kekayaan USD151,5 miliar.

Kekayaan Bos Amazon yang mencapai Rp 2.174 triliun (kurs Rp14.400 per dolar AS) itu setara bahkan melebihi jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia. Seperti diketahui, APBN Indonesia pada tahun 2017 adalah sebesar Rp 2.133 triliun. Bila dibandingkan antara APBN Indonesia 2017 dengan kekayaan Bos Amazon itu, maka kekayaan Bezos lebih banyak sekitar Rp 41 miliar dari APBN Indonesia.

Anggaran APBN Indonesia sebesar Rp 2.133 triliun itu sendiri digunakan untuk menjalankan operasional negara seperti membayar gaji pejabat negara dan pegawai lainnya, pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan hingga peningkatan perekonomian rakyat. Angka dari Rp 2.133 triliun juga dialokasikan ke berbagai pos mulai dari belanja pemerintah pusat hingga transfer ke 34 provisi dengan total penduduk Indonesia mencapai 250 juta jiwa.

Dengan kata lain, kekayaan seorang Bos Amazon sebesar Rp2.174 triliun akan mampu menjalankan roda Pemerintahan Republik Indonesia baik untuk membayar gaji pejabat negara maupun membiayai perekonomian rakyat Indonesia yang berjumlah 250 juta.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]