New here? Register. ×
×

Mengenal Letjen TNI Andika Perkasa, Pangkostrad yang Baru

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in NASIONAL, TOKOH
14Jul

Rubernews.com | Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah mengangkat Letnan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Andika menggantikan Letnan Jenderal TNI Agus Kriswanto yang akan memasuki masa pensiun. Agus Kriswanto sendiri diangkat menjadi Perwira Tinggi (Pati) Markas Besar TNI AD dalam rangka pensiun.

Pengangkatan dan pemberhentian Pangkostrad ini tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/673/VII/2018 yang ditetapkan di Jakarta pada hari Jumat, 13 Juli 2018. Selain posisi Pangkostrad, secara keseluruhan, Panglima TNI mengangkat dan memberhentikan 29 prajurit di berbagai posisi.

Dalam surat keputusan tersebut juga disebutkan bahwa para perwira TNI yang diangkat dari jabatan lama ke jabatan baru itu mulai bertugas tanggal 13 Juli 2018.

Andika Perkasa adalah menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono. Sebelum diangkat sebagai Pangkostrad, Andika menjabat posisi Komandan Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Tentara Nasional Indonesia (Kodiklat TNI).

Andika Perkasa lulus Akademi Militer pada tahun 1987. Dalam perjalanan karirnya di tubuh TNI, Andika meraih bintang satu dengan menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AD pada 2013.

Pada Oktober 2014, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 1964  ini diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Ia resmi bertugas sebagai Komandan Paspampres per 22 Oktober 2014.

Sharing is caring