New here? Register. ×
×

Arab Saudi Cegat Rudal Balistik yang Ditembak Milisi Houthi

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in INTERNASIONAL
07Jul

Rubernews.com | Pasukan Angkatan Udara Arab Saudi mencegat dan menghancurkan sebuah rudal balistik yang ditembakkan milisi Houthi Yaman ke arah Jaza pada Jumat malam. Koalisi Arab yang dipimpin Saudi mengklaim tak ada korban jiwa dalam insiden intersepsi senjata pemberontak Yaman tersebut.

Jazan merupakan wilayah di Arab Saudi bagian selatan. Wilayah ini kerap jadi sasaran tembak peluru kendali (rudal) pemberontak Yaman yang menentang agresi Koalisi Arab di negara tersebut.

“Rudal itu diluncurkan dari wilayah Yaman (khususnya Provinsi Amran) yang menargetkan wilayah penduduk sipil,” tulis kantor berita negara Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA) mengutip juru bicara Koalisi Arab Kolonel Turki Al-Malki, Sabtu (7/7/2018).

Kolonel Al-Malki menambahkan bahwa rudal itu sengaja diluncurkan untuk menargetkan wilayah penduduk sipil. Kepingan-kepingan rudal berjatuh setelah intersepsi dan telah dihancurkan.

Menurut laporan SPA, tindakan yang tidak bersahabat oleh milisi Houthi ini didukung oleh rezim Iran. Tindakan itu dianggap melanggar Resolusi Dewan Keamanan PBB 2216 dan 2231 karena bertujuan mengancam keamanan Arab Saudi dan membuat ketidakstabilan keamanan regional dan internasional.

Menurut Al-Malki, penembakan rudal balistik terhadap kota dan desa di Saudi bertentangan dengan hukum internasional dan hukum humaniter internasional.

[Sindonews.com]

Sharing is caring