New here? Register. ×
×

Kenali 4 Penyebab Jerawat Hadir di Bibir

no comments
Written by Redaksi 2 | Published in KESEHATAN
03Jul

Rubernews.com | Kehadiran jerawat di wajah pasti tidak menyenangkan baik itu hadir di dahi, dagu, atau pipi. Namun, jangan salah, jerawat juga bisa hadir di bibir lho.

Penyebab jerawat paling umum karena faktor kebersihan. Meski begitu, munculnya jerawat di area bibir ternyata bisa juga karena faktor lain, lho.

  1. Hormon Tidak Seimbang

Kemunculan jerawat di area ini umumnya dipengaruhi oleh hormon androgen yang meningkat secara drastis, sehingga jerawat akhirnya muncul di sekitar bibir. Selain karena pubertas, menstruasi dan juga obesitas seringkali jadi pemicu timbulnya ketidakseimbangan hormon androgen.

  1. Stres Berlebih

Selanjutnya, munculnya jerawat di sekitar bibir karena  stres berlebih. Hal ini sebenarnya masih erat kaitannya dengan ketidakseimbangan hormon. Beban pikiran yang terlalu banyak memang dapat menyebabkan seseorang menjadi stres.

Jika sudah begitu, mau tidak mau kadar hormon dalam tubuh pun menjadi tidak seimbang, sehingga kemunculan jerawat pun sudah tak terelakan lagi. Mengatasi kemunculan jerawat di area bibir yang disebabkan oleh faktor stres sebenarnya cukup mudah kok. Salah satunya dengan refreshing ke berbagai tempat seru atau cukup dengan melakukan kegiatan yang disenangi.

  1. Pasta Gigi

Pasta gigi ternyata bisa juga jadi pemicu timbulnya jerawat di area bibir. Faktor ketidakcocokan dengan salah satu kandungan pasta gigilah yang membuat jerawat muncul di area sekitar bibir.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih pasta gigi yang tepat. Untuk lebih amannya, pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung detergen.

  1. Makan Makanan yang Pedas dan Berminyak

Terlalu sering mengonsumsi makanan pedas dan berminyak ternyata juga bisa membuat jerawat muncul di area sekitar bibir. Mitos mengenai mengonsumsi makanan pedas dan berminyak dapat menyebabkan jerawat memang tidak selalu benar. Meski demikian, hal ini bisa saja terjadi pada sebagian wanita, terutama yang memiliki alergi pada kedua jenis makanan tersebut.

Selain itu, perpaduan makanan pedas dan berminyak dikenal memiliki kandungan lemak tinggi yang apabila terlalu sering dikonsumsi lemak tersebut dapat menumpuk sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

  1. Pertanda Sembelit

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa salah satu penyebab timbulnya jerawat di atas bibir adalah karena kamu sedang mengalami konstipasi atau sembelit. Seseorang dinyatakan sembelit apabila dalam kurun waktu satu minggu hanya buang air besar kurang dari tiga kali.

Secara ilmiah memang belum ada penelitian yang menyatakan secara resmi bahwa jerawat di bibir benar-benar menandakan bahwa seseorang sedang mengalami sembelit. Meski begitu, mitos ini masih dipercayai oleh banyak orang hingga saat ini karena “kebetulan” tersebut.

[Sumber : Liputan6.com]

Sharing is caring