New here? Register. ×
×

Wakili Pidie, Sanggar Tari Seudati Asoe Nanggroe Akan Tampil di PKA Ke-VII

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in DAERAH, KEBUDAYAAN
01Jul

Rubernews.com | Sanggar Seni Tari Seudati Asoe Nanggroe akan tampil di ajang pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-VII mewakili Kabupaten Pidie. PKA ke-VII sendiri akan berlangsung di Bnada Aceh pada 4-15 Agustus mendatang.

Sebelumnyasanggar seni tari seudati ini di seleksi oleh tim dari Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pidie.

Tari Seudati adalah nama tarian yang berasal dari Provinsi Aceh. Tarian ini termasuk kategori Tribal War Dance atau Tari Perang, yang mana syairnya selalu membangkitkan semangat  pemuda Aceh untuk bangkit dan melawan penjajahan.

Tarian tersebut sempat dilarang pada zaman penjajahan Belanda, tetapi sekarang tarian ini diperbolehkan kembali dan menjadi Kesenian Nasional Indonesia.

Ketua Sanggar Seudati Asoe Nanggroe, Azhar Yusuf mengatakan bahwa sanggar yang dipimpinnya ini sempat fakum karena berbagai alasan, namun kini sudah mulai aktif kembali.

“Sanggar seni tari ini sudah lama ada, namun sempat mengalami putus generasi. Dan sudah beberapa tahun belakang ini aktif kembali, mulai berlatih dan tampil di even-even. Tujuannya adalah untuk menjaga kebudayaan Aceh, juga untuk mewujudkan cita-cita bisa tampil di pentas baik daerah, nasional bahkan internasional,” ujar Azhar Yusuf, Minggu (1/6/2018).

Disebutkan, semua pemain tarian ini berasal dari daerah pesisir pantai desa, Gampong Peukan Sot Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie. “Sebahgian besar aktivitas para pemain seudati ini adalah petani garam,” pungkasnya.

Sharing is caring