New here? Register. ×
×

Mengenal Teuku Nausa, Bakal Calon DPR RI dari Dapil Aceh 2

no comments
Written by Redaksi 1 | Published in DAERAH, TOKOH
06Jun

Banner Iklan Ramadhan 1439 H Andi Millian Darmili


Rubernews.com | Pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pemilu ) 2019 sudah di depan mata. Pesta demokrasi 5 tahunan yang akan memilih Anggota Legislatif DPR RI, DPD RI dan DPRD ini akan berlangsung berbarengan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Teuku Nausa, salah satu bakal calon anggota DPR RI periode 2019-2024 telah menyatakan tekadnya untuk ikut bertarung pada Pemilu 2019. Ia mendaftar sebagai Caleg DPR RI melalui Partai NasDem, dan akan maju dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 yang meliputi Kabupaten Bireuen, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Aceh Timur, Kota Langsa, dan Aceh Tamiang.

Sosok Teuku Nausa

Teuku Nausa lahir di Tanah Luas, Aceh Utara, pada 4 Maret 1980. Ia menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri Bayu Kecamatan Tanah Luas (1987-1993). Kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Peureulak, Aceh Timur (1993-1996). Setelah tamat SMP, Teuku Nausa memilih mondok di Pesantren Darul Ulum Tanoh Mirah, Bireun (1996-2001), dan pada tahun 2006 ia meraih gelar sarjana (S-1) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Setelah menyelesaikan study S-1 di IAIN Ar-Raniry (sekarang UIN), Teuku Nausa kemudian hijrah ke Jakarta. Di ibukota, Teuku Nausa memilih jalan entrepreneur. Saat ini, oleh banyak kalangan, ia dikenal sebagai pengusaha bertangan dingin. Pada 2015, pemilik restoran ‘Boulevard Aceh Coffee’ ini sukses mempromosikan kuliner legendaris Aceh, kuah tuhe, ke dalam Istana Negara. Bahkan pada tahun yang sama kuah tuhe sudah terdaftar sebagai menu tetap makanan yang disajikan di Istana Kepresidenan itu. Sebuah kontribusi nyata di bidang kuliner khas Aceh.

Seiring berjalanya waktu, disamping berprofesi sebagai pengusaha, Teuku Nausa juga bergulat di dunia politik. Alumni Dayah Tanoh Mirah ini adalah kader potensial Partai Nasdem. Saat ini Teuku Nausa tercatat sebagai Wasekjen DPP Garda Pemuda Nasdem. Dengan bergulut di dunia politik, Teuku Nausa telah memiliki jaringan dengan berbagai tokoh nasional, baik tokoh politik maupun pengusaha.

Kini Teuku Nausa telah memantapkan nawacitanya untuk ikut bertarung dalam bursa calon legislatif periode 2019-2024. Saat ini namanya telah masuk sebagai salah satu kandidat bakal calon anggota DPR RI dari Partai NasDem, dan dipastikan akan bertarung pada Pemilu Legislatif 2019 untuk memperebutkan satu kursi ke Senayan.

Organisasi dan Pekerjaan

Sebelum hijrah ke Jakarta, sejatinya sosok Teuku Nausa telah menyimpan jiwa seorang leader dan pebisnis sejak usia masih muda. Saat masih kuliah ia aktif di berbagai organisasi seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Solidaritas Mahasiswa Untuk Rakyat (SMUR), Rabithah Thaliban Aceh(RTA), dan Ikatan Mahasiswa Alumni Dayah Aceh (IMADA). Kini ia aktif di organisasi kepartaian, yakni Garda Pemuda NasDem.

Teuku Nausa juga turut bergabung dalam Assosiasi Pengusaha Indonesia (APlNDO) Aceh, bahkan pada periode 2008-2013 ia menjabat sebagai Wakil Ketua APlNDO Aceh. Selain itu, ia juga masuk dalam jajaran pengurus KADIN Aceh kurun waktu 2009-2013, serta pengurus DPN APSINDO periode 2013 2018.

Dari aspek pekerjaan, pria yang kini tinggal di Apartemen Boulevard, Tanah Abang, Jakarta Pusat itu juga sarat dengan pengalaman. Pada tahun 2006 ia mendirikan CV. Nausa Cipta Semesta. Kemudian pada tahun 2008 Teuku Nausa menjabat sebagai Direktur Utama PT. Travel Nurin. Pada tahun 2012 ia menjabat sebagai Komisaris Utama PT Artha Gemilang. Tahun 2014 Teuku Nausa tercatat sebagai Presiden Direktur PT. Cemerlang Energi, dan kini ia juga menjabat sebagai Direktur Utama PT. Boulevard Aceh Coffee Nusantara.

Tekad Maju DPR RI

Teuku Nausa mengatakan tujuannya mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI adalah karena ingin berkontribusi untuk masyarakat yaitu dengan berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilihan ini, karena jika tidak melalui jalur tersebut, menurutnya hanya akan menjadi kontribusi secara personal saja.

“Kalau tidak hanya semampu pribadi saja. Jika ikut dalam pemilihan dan terpilih sebagai anggota DPR, maka akan bisa berkontribusi dalam hal ekonomi, regulasi, dan juga pembangunan. Karena dasar itulah saya terpanggil untuk maju,” demikian ungkap Teuku Nausa, Rabu (6/06/2018).

Sharing is caring