New here? Register. ×
×

Sejak Umur Dua Bulan, Sumiati Warga Kenawat Aceh Tengah Terserang Penyakit Polio

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in DAERAH
  • Sejak Umur Dua Bulan, Sumiati Warga Kenawat Aceh Tengah Terserang Penyakit Polio
13Mar
= 45

RUBERNEWS.COM | Sumiati, itulah nama yang kerap disapa oleh masyarakat Kampung Kenawat, Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah, saat ini ia berumur 15 Tahun jika dibandingkan dengan teman sebayanya sudah menempuh pendidikan di kelas 1 Sekolah Menengah Atas, namun ia hanya terbaring lemah mengalami lumpuh setelah terserang Polio sejak berumur 2 Bulan.

Sumiati merupakan anak ke 3 dari Ibu Mariani (55), ia memiliki 2 saudara kandung, namun keduanya sudah menikah dan ia dirawat sendiri oleh Ibunya karena Suami dari Mariani telah meninggal dunia pada Tahun 2000 silam.

Mariani mengaku, pada saat Sumiati berumur 2 Bulan dalam keadaan masih merangkak, setelah diberikan tetes Polio selama dua hari badannya panas dan pihak keluarga menganggap hal tersebut penyakit biasa-biasa saja layaknya anak kecil.

“Kami juga pernah membawanya ke dokter, namun dokter bilang penyakitnya tidak bisa diobati, dari berobat itu sampai sekarang tidak ada lagi kami bawa ke dokter karena faktor ekonomi dan tidak memiliki kartu BPJS”, Ungkapnya, Senin 12/03/2018 di Kampung Kenawat.

Hingga saat ini, ia tidak dapat tumbuh seperti anak seusianya, belum dapat berjalan dan belum bisa berbicara, hari-harinya dihabiskan dengan berbaring, duduk dan merangkak.

Keinginan Mariani untuk membawa anaknya berobat kedokter sangat besar, namun apalah daya pengeluaran berobat tak sebanding dengan ekonomi keluarganya. “kami tidak memiliki BPJS dan berkeinginan sekali Sumiati bisa dibawa ke Rumah Sakit untuk kesembuhannya”, harapnya.

Dengan keikhlasan hati Mariani terkadang meninggalkan Sumiati sendirian dirumah sedangkan ia pergi untuk mencari kebutuhan hidup layaknya seorang petani kebun di Kampung tersebut.

Sementara itu Reje Kampung Kenawat Arami Kasih mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk memberikan santunan berupa Kursi Roda dan kebutuhan lainnya.

“Desa menyiapkan juga santunan tentang kesenjangan sosial di wilayah kami, sebelumnya kami telah melaporkan ke Kecamatan, ke Dinas Sosial untuk membantu dari segi pakaian, kursi roda dan kebutuhan lainnya”, terangnya.

Selaku Reje, ia berharap dari dinas terkait untuk dapat memberikan bantuan, meskipun Sumiati tidak sembuh total sedikit tidaknya dapat memberikan bantuan supaya memudahkan keluarga dalam menjalani cobaan itu.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]