New here? Register. ×
×

KPK Tetap Umumkan Penetapan Tersangka Calon Kepala Daerah

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in HUKUM, NASIONAL
  • KPK Tetap Umumkan Penetapan Tersangka Calon Kepala Daerah
13Mar
= 33

RUBERNEWS.COM | Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyatakan, tidak akan menunda proses penetapan tersangka kepada calon kepala daerah di Pilkada 2018.

Ia menyarankan, pemerintah sebaiknya menyiapkan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait pergantian calon kepala daerah yang terindikasi terlibat tindak pidana korupsi.

“Dari pada harus menghentikan proses hukum yang sudah memiliki bukti cukup pada peristiwa pidananya,” ujar Saut, Selasa 13/03/2018.

Terkait hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto meminta KPK menunda pengumuman mengenai calon kepala daerah dalam Pilkada 2018 yang menjadi tersangka kasus korupsi. Penundaan ini agar tahapan pilkada serentak tidak terganggu.

Tapi, KPK tetap akan mengumumkan penetapan tersangka terhadap calon kepala daerah dalam waktu dekat. Apalagi, kecukupan alat bukti sudah dikantongi KPK untuk menjerat para calon kepala daerah”tegas Saut.

Pada sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo menyatakan akan segera mengumumkan calon kepala daerah terjerat tindak pidana korupsi. Menurut Agus, pimpinan KPK hanya tinggal menunggu surat perintah penyidikan keluar dan ditandatangani.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]