New here? Register. ×
×

Keistimewaan Punya Saudara Perempuan Yang Bikin Bersyukur

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in GAYA HIDUP
  • Keistimewaan Punya Saudara Perempuan Yang Bikin Bersyukur
13Mar
= 26

RUBERNEWS.COM | Mereka yang punya saudara perempuan, biasanya selalu punya keluhan. Entah karena saudara mereka bawel, tak mau kalah, sering pinjam barang tanpa bilang, atau sederet keluhan lainnya.

Walau terkadang mengesalkan, ternyata punya saudara perempuan punya manfaat tersendiri. Bahkan, riset telah menemukan beragam keuntungan yang bisa seseorang dapatkan dari saudara perempuan mereka.

“Mereka membantumu mengembangkan kemampuan bersosialisasi, seperti komunikasi, kompromi, dan negosiasi,” ujar Alex Jensen, asisten profesor di School of Family Life di Brigham Young University, sekaligus penulis penelitian tentang hubungan kakak-adik, mengutip Huffington Post.

Berikut sederet alasan punya saudara perempuan itu sangat menguntungkan:

  1. Mendongkrak kesehatan mental

Sedang sedih? Jika punya, coba hubungi saudara perempuanmu. Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Family Psychology menemukan, memiliki saudara perempuan bisa meningkatkan kesehatan mental dan percaya diri.

Para peneliti dari Brigham Young University menemukan, memiliki saudara perempuan melindungimu dari perasaan “kesepian, tidak dicintai, perasaan bersalah, tidak percaya diri dan takut.”

“Apa yang kami temukan menyimpulkan, saudara perempuan memiliki peranan dalam mendongkrak kesehatan mental,” ujar Jensen. “Nantinya, saudara perempuan juga sering menyatukan keluarga dan menjaga silahturahmi setelah orangtua wafat.”

  1. Lebih penuh kasih

Studi yang sama dari Brigham Young University juga menemukan, memiliki saudara perempuan bisa membantumu jadi orang yang lebih baik dan murah hati. Ini karena, saudara perempuan ternyata mendorong perilaku positif, seperti kasih sayang dan berbagi ketika mereka menunjukkan rasa sayang dan perhatian.

Efek ini sangatlah kuat, dan bahkan tidak bisa dicapai dari perhatian dan kasih sayang yang kita dapatkan dari orangtua.

“Walau terkadang bertengkar, selama masih ada kasih sayang, efek positif akan selalu lebih kuat,” ujar pemimpin penelitian Laura Padilla-Walker, profesor di BYU’s School of Family Life kepada ABC News.

“Ketika kakak-adik bertengkar, mereka harus men

  1. Mempertajam kemampuan interpersonal

Memiliki saudara perempuan membuat belajar bagaimana cara menyelesaikan konflik, empati, dan bagaimana merawat orang lain.

Menurut Jeffrey Kluger, penulis dari The Sibling Effect, kamu bisa belajar bagaimana menghadapi pertengkaran sengit atau mengendalikan situasi pelik dari interaksi dengan kakak perempuan yang mengintimidasi.

Di sisi lain, memiliki adik perempuan bisa membantumu jadi orang yang lebih perhatian dan bisa berempati.

  1. Mengasah kepiawaian berkomunikasi

Riset menemukan, laki-laki yang tumbuh besar bersama saudara perempuan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik, dibanding anak tunggal atau yang hanya punya saudara laki-laki.

“Riset menyimpulkan, memiliki saudara berbeda jenis kelamin sangatlah menguntungkan pada masa pertumbuhan,” ujar Jensen. “Kebanyakan dari kakak-adik itu akan menjadi dekat pada masa remaja, karena mereka bisa jadi sumber informasi tentang bagaimana bergaul dengan lawan jenis.”

  1. Mengajarkan untuk jadi mandiri dan ambisius

Survei tahun 2009 yang dilakukan oleh para psikolog dari Inggris mengungkap, mereka yang dibesarkan bersama, setidaknya, satu saudara perempuan, memiliki keteguhan dan kemandirian yang lebih besar dibanding mereka yang tumbuh besar hanya bersama saudara laki-laki.

Berbicara pada Daily Mail, penulis studi Tony Cassidy dari University of Ulster mengatakan, “Hal ini tentang keinginan mendasar untuk berusaha jadi lebih baik lagi, untuk berjuang mencapai target.”

Rupanya ada situasi keluarga tertentu yang hanya bisa tercipta ketika ada anak-anak perempuan di dalamnya, yang berujung pada dorongan untuk mencapai target dan kemandirian.

  1. Hati yang lebih tenang

Dari survei tahun 2009 yang sama, para partisipan mengatakan, saudara perempuan membantu mereka mencapai ketenangan hati.

Mereka yang memiliki setidaknya satu saudara perempuan bisa menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan secara lebih baik. Tingkat stres mereka juga lebih rendah. Hasilnya, orang-orang tadi jadi lebih bahagia dan optimistis dibanding mereka yang tak punya saudara perempuan.

Kenapa hasil tadi hanya bisa didapatkan dari memiliki saudara perempuan, dan bukan saudara laki-laki?

Semuanya berhubungan dengan ekspresi emosi, jelas Cassidy pada Daily Mail. Memiliki saudara perempuan memungkinkan kamu untuk lebih membuka diri, jadi lebih ekspresif ketika menghadapi situasi tertentu. Ini adalah hal yang sangat positif.

“Bisa meluapkan emosi adalah sesuatu yang sangat mendasar bagi kesehatan mental, dan memiliki saudara perempuan membuka kemungkinan ini,” tutup Cassidy.

[Sumber : Liputan6.com]

Sharing is caring

[avatar size="150" /]