New here? Register. ×
×

Hakim Dan Panitera PN Tangerang Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Suap

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in HUKUM, NASIONAL
  • Hakim Dan Panitera PN Tangerang Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Suap
13Mar
= 3

RUBERNEWS.COM | Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tangerang Wahyu Widya Nurfitri dan Panitera Pengganti Tuti Atika ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keduanya diduga menerima uang suap Rp 30 juta dari dua pengacara bernama Agus Wiratno dan HM Saipudin. Suap diberikan agar Hakim memenangkan gugatan perdata terkait hak waris yang ditangani kedua pengacara tersebut.

Menurut Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, uang Rp 30 juta diberikan Agus dan Saipudin secara bertahap kepada Tuti dan Wahyu Widya. Lanjut Basaria, kesepakatan awal pemberian suap yakni Rp 7,5 juta.

“Diduga uang Rp 7,5 juta yang diserahkan ke Tuti Atika dan diserahkan ke Wahyu Widya sebagai ucapan terima kasih atas kesepakatan memenangkan kasus perdata,” ujar Basaria dalam konferensi pers di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa 13/03/2018.

Namun Tuti dan Wahyu Widya merasa jumlah Rp 7,5 juta kurang. Kemudian disepakati nilai suapnya menjadi Rp 30 juta. Untuk kekurangan Rp 22,5 juta diberikan kemudian,” kata Basaria.

Sidang putusan perkara tersebut seharusnya akan digelar pada 8 Maret 2018. Namun, karena dua pengacara tersebut belum juga memberikan uang sisa sebesar Rp 22,5 juta, sidang ditunda dengan alasan anggota hakim sedang bertugas ke luar kota.

Kemudian sidang dijadwalkan ulang pada Rabu 13 Maret 2018. “Pada 12 Maret 2018, Agus membawa uang Rp 22,5 juta yang diserahkan ke Tuti diparkiran PN Tangerang,” kata Basaria.

Setelah itu, KPK langsung melakukan penangkapan dihari yang sama”papar Basaria.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *