New here? Register. ×
×

Lakukan 6 Kebiasaan Ini Berarti Anda Punya Daya Ingat Luar Biasa

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in GAYA HIDUP
10Mar

RUBERNEWS.COM | Daya ingat seseorang menunjukkan kemampuan kerja otak yang dimilikinya. Seseorang yang memiliki daya ingat tinggi akan melakukan kebiasaan dengan berbagai strategi guna meningkatkan kemampuan otaknya.

Dilansir dari Reader Digest, ada enam kebiasaan yang dapat menunjukkan seseorang memiliki daya ingat tinggi. Bahkan, enam kebiasaan tersebut dapat dilakukan oleh mereka yang sering menjadi pelupa. Apa sajakah itu? berikut ulasannya.

  1. Menetapkan rutinitas

Seseorang yang memiliki daya ingat tinggi umumnya akan meletakkan sesuatu benda pada tempat yang sama, misalnya seperti menggantung kunci mobil pada gantungan di dekat pintu. Anda yang sering lupa meletakkan barang, sebaiknya ikuti saran ini.

  1. Menggunakan indera

Melatih kemampuan otak, terutama soal daya ingat, dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan indera yang Anda miliki. Salah satu contoh yakni ketika Anda harus meletakkan suatu benda di tempat asing, Anda dapat mengatakannya dengan suara keras. Hal ini akan membuat Anda mengingatnya.

  1. Gunakan catatan Post-it

Mungkin Anda sering melupakan nomor telepon penting. Oleh sebab itu, Anda dapat menempelkan catatan post-it di beberapa tempat yang tak pernah luput dari penglihatan. Aktivitas sederhana ini diyakini dapat mendongkrak daya ingat sebesar 20 persen.

  1. Meningkatkan daya ingat bisa dengan memanfaatkan teknologi

Gadget, salah satunya telepon pintar, menjadi salah satu benda yang mungkin tidak bisa Anda lepaskan. Oleh sebab itu, gadget dapat digunakan untuk membantu Anda mengingat agenda yang akan dilakukan sepanjang hari. Benda canggih tersebut kini dilengkapi dengan kalender yang dapat diatur untuk mengingatkan aktivitas yang akan Anda lakukan.

  1. Jangan pernah menunda

Menunda sesuatu akan berpotensi besar membuat Anda mudah melupakannya. Oleh sebab itu, jika memungkinkan, lakukan pekerjaan Anda saat memikirkannya. Jika memang hal tersebut tidak dimungkinkan, catatlah pekerjaan tersebut dan letakkan di tempat yang sering Anda lihat. Hal ini akan membantu Anda untuk terus mengingatnya.

  1. Tidur di atasnya

Mengutip dari Reader Digest, ada penelitian yang menunjukkan kebanyakan orang membutuhkan tidur enam hingga delapan jam per malam. Hal ini karena otak mengalami perubahan kimiawi yang diperlukan untuk mengintegrasikan keterampilan atau sesuatu yang baru ke dalam ingatan jangka panjang.

[Sumber : Liputan6.com]

Sharing is caring