New here? Register. ×
×

Kemendes Kirim Satgas Ke Daerah, Terkait Lambannya Penyaluran Dana Desa

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in EKONOMI
  • Kemendes Kirim Satgas Ke Daerah, Terkait Lambannya Penyaluran Dana Desa
09Mar
= 8

RUBERNEWS.COM | Saat ini banyak dana desa yang masih menumpuk di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan belum tersalurkan ke Rekening Kas Desa (RKD). Seharusnya 20 persen anggaran dana desa tersebut sudah harus tersalurkan hingga pertengahan tahun ini.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan banyaknya dana yang menumpuk di RKUD disebabkan karena beberapa Kabupaten belum menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) terkait tata cara pembagian dan penetapan rincian dana per desa.

Atas hal tersebut, Menteri Desa mengaku telah meminta bantuan Kementerian Dalam Negeri untuk mengirim surat kepada Bupati yang belum menerbitkan aturan itu”kata Eko, Jumat 08/03/2018.

Selain hal tersebut, Eko mengatakan bahwa Kemendes tidak melakukan langkah khusus terkait lambannya penyaluran ini. Eko hanya menyebut, Kemendes telah melakukan koordinasi dengan Kemendagri dan Kementerian Keuangan.

“Kami pun sudah kirim satuan tugas (satgas) demi memastikan penyaluran tersebut. Tentu juga dengan koordinasi Mendagri dan Menkeu,” paparnya.

Menurut data data Kemenkeu per akhir Februari 2018 lalu menunjukkan baru Rp 134,65 miliar dana desa yang telah meluncur dari RKUD ke RKD. Angka ini tercatat 2,9 persen dari dana desa yang sudah terkumpul di RKUD sebanyak Rp 5,2 triliun di periode yang sama.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *