New here? Register. ×
×

Kondisi Meja Kerja Ternyata Dapat Mencerminkan Kepribadian Anda

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in GAYA HIDUP
  • Kondisi Meja Kerja Ternyata Dapat Mencerminkan Kepribadian Anda
08Mar
= 17

RUBERNEWS.COM | Lagi di kantor? Coba lihat ke sekeliling Anda, terutama kondisi meja kerja, pasti bervariasi. Ada yang dipenuhi barang-barang tidak penting, ada juga yang rapi dan bersih. Kalau meja kerja Anda sendiri bagaimana?

Nah tahukah Anda, kepribadian Anda bisa ditebak dari kondisi meja kerja lho. Setidaknya itulah yang diungkapkan Lily Bernheimer, psikolog kenamaan sekaligus penulis dan peneliti yang mendirikan lembaga konsultasi lingkungan kerja Space Works Consulting.

Dia mengelompokkan lima tipe kepribadian pekerja berdasarkan kondisi meja kerja. Coba cek meja kerja Anda sekarang dan cocokkan dengan lima kategori kepribadian berikut ini yang sudah dirangkum oleh DuitPintar.com.

  1. Si ekstrover

Kertas di sana-sini, pulpen terjatuh dibiarkan, sticky notes dari bulan lalu masih tertempel. Itu contoh kondisi meja kerja si ekstrover. Terkesan berantakan, memang.

Tapi ya begitulah mereka: berwarna, bersemangat, dan rusuh. Ekstrover mudah bosan. Karena itulah mereka memerlukan sesuatu yang “tidak teratur”.

Pekerja yang ekstrover pun cenderung gemar bersosialisasi. Karena itulah banyak di antaranya yang ceriwis dan suka berbagi. Biasanya, mereka lebih nyaman bekerja dalam tim ketimbang sendirian.

  1. Si minimalis

Meja kerja yang tertata rapi tanpa barang tak berguna adalah salah satu ciri si minimalis. Hanya barang yang diperlukan yang ada di meja kerja.

Kertas bekas jelas harus udah masuk tempat sampah. Semuanya punya tempat masing-masing. Buku di pojok kanan, pulpen di dekat monitor, steples di laci, dan seterusnya. Kalau ada satu barang saja yang gak sesuai dengan tempatnya, langsung digeser.

Si minimalis cenderung gampang berfokus pada kerjaannya dan selalu disiplin. Namun relasi dengan sekitarnya kurang cihui dan kurang kreatif. Meski demikian, kemampuannya mengejar target sempurna menjadikannya menonjol.

  1. Si ekspander

Ekspander adalah mereka yang sedikit demi sedikit mengganggu meja kerja kolega. Misalnya menempatkan alat tulisnya di meja kerja sebelah.

Entah sengaja entah tidak, hal ini memperlihatkan kepribadian yang dominan. Mereka tidak peduli respons si kolega yang terkena dampak sikapnya itu.

Pekerja tipe ini juga kurang sensitif terhadap lingkungan sekitarnya, agresif, dan ingin menjadi pusat perhatian. Bagi diri mereka sendiri, kebiasaan tersebut justru mungkin membahayakan karena bisa-bisa menyinggung kolega atau bahkan kehilangan barang miliknya lantaran tidak ada di meja kerjanya.

  1. Si pengamat

Yang satu ini memiliki meja kerja di belakang, nempel tembok. Orang yang duduk di sini biasanya punya kepribadian introvert, pemalu.

Dari meja kerja itu, mereka bisa bekerja dengan tenang dan mengamati siapa yang akan datang menghampiri. Mereka pun bisa lebih berkonsentrasi lantaran tidak terganggu kolega lain karena duduk di pojok.

Si pengamat umumnya kurang pandai bersosialisasi, sehingga lebih susah diajak kerja tim. Tapi, dengan membangun benteng sendiri, mereka bisa memaksimalkan kemampuan untuk meraih prestasi.

  1. Si kreatif

Kondisi meja kerja yang ramai namun rapi menggambarkan kepribadian pemiliknya yang kreatif dan terbuka. Adanya buku-buku yang tidak diwajibkan perusahaan namun relevan dengan kehidupan, misalnya tentang seni, bisa memberi dampak positif ke kinerja.

Orang yang memiliki meja kerja seperti ini menata barang-barangnya dengan teratur meski ada kesan ramai. Selain itu, ada permainan warna barang yang ditata sehingga tampak rapi.

Misalnya barang warna merah disatukan di tempat yang berbeda dengan warna biru. Selain itu, ada barang-barang bersifat personal yang dihadirkan, seperti foto keluarga. Si kreatif menata semua itu untuk menjaga kreativitasnya.

Gimana, apakah tipe meja kerja di atas ada yang menggambarkan kepribadian Anda Atau bahkan Anda jadi bisa menebak kepribadian rekan kerja dari meja mereka?

[Sumber : Liputan6.com]

Sharing is caring

[avatar size="150" /]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *