New here? Register. ×
×

Diduga Rekrutmen Anggota PPS Di Sejumlah Daerah Tidak Transparan

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in DAERAH, POLITIK
Tag: ,
06Mar
SENEBE ARABICA COFFEE The Best Coffee Aceh

SENEBE ARABICA COFFEE
The Best Coffee Aceh

RUBERNEWS.COM | Menanggapi pengumuman hasil ujian tulis calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilakukan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) di beberapa daerah dinilai tidak transparan. Sebab KIP tidak mengumumkan nilai ujian tulis peserta tes Calon Anggota PPS, hal ini menandakan belum adanya transparansi di Komisi Independen Pemilihan atau yang disebut “KIP” akibatnya ribuan para pelamar PPS di daerah yang kecewa dengan hal ini.

“Nilai ujian tulis para calon anggota PPS merupakan hak mereka untuk mengetahui sehingga KIP di daerah tidak ada alasan untuk menutupi bahkan untuk tidak mengumumkannya, hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan informasi publik,”kata Rivai Ahmad, Selasa 06/03/2018.

Jika memang nilai ujian tulis tidak diumumkan, lalu untuk apa dilakukan ujian tulis,”tanyanya.

“Calon Anggota PPS sangat ingin mengatahui nilai mereka dikarenakan sebelum menghadapi ujian mereka terlebih dahulu telah belajar,”ungkap Rivai Ahmad.

“Dengan tidak diumumkan nilai sehingga timbulnya rasa tidak puas dan kecurigaan dari calon anggota PPS kepada KIP di berbagai daerah, kecurigaannya bisa saja seperti adanya calon anggota PPS yang mempunyai hubungan dekat dengan anggota KIP di berbagai daerah atau panitia seleksi, ujian itu hanya sekedar seremonial saja,”ujar Rivai.

Rekrutmen yang mengutamakan nilai transparansi akan menjaring kandidat yang handal, masyarakat sangat berharap anggota PPS yang direkrut oleh KIP di daerah benar-benar yang bisa menjadi panitia TPS yang bisa menjalankan demokrasi pada pemilu tahun 2019.

Oleh: Rivai Ahmad.

(Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Administrasi Publik, Universitas Iskandar Muda)

Sharing is caring