New here? Register. ×
×

Partai Idaman Gagal Jadi Peserta Pemilu 2019

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in NASIONAL, POLITIK
  • Partai Idaman Gagal Jadi Peserta Pemilu 2019
05Mar
= 25

RUBERNEWS.COM | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menolak gugatan partai Islam Damai dan Aman (Idaman) sebagai calon peserta Pemilu 2019.

Putusan tersebut ditetapkan lewat sidang putusan ajudikasi sengketa penyelenggaraan Pemilu 2019 bersama dua partai lainnya, Partai Rakyat dan Parsindo di Kantor Bawaslu di Jakarta, Senin 05/03/2018.

“Menyatakan memutuskan dalam eksepsi termohon dalam pokok perkara untuk menolak permohonan pemohon seluruhnya,” kata Ketua Bawaslu Abhan saat memimpin sidang.

Abhan beralasan bahwa Partai Idaman sebelumnya sudah pernah mengajukan permohonan ke Bawaslu dan telah dijatuhkan putusan mengenai hal yang sama.

BACA JUGA : Setelah PBB, Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Putusan Partai Idaman

Putusan Bawaslu sekaligus mengakhiri sengketa antara Partai Idaman dengan KPU.

Sengketa ini dimulai saat Partai Idaman tidak diloloskan KPU dalam tahap penelitian administrasi proses seleksi calon peserta Pemilu 2019. Partai Idaman kemudian menggugat keputusan KPU tersebut ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Gugatan Partai Idaman dikabulkan Bawaslu sehingga dapat mengikuti tahap selanjutnya, yakni penelitian administrasi perbaikan. Akan tetapi, Partai Idaman kembali tidak diloloskan KPU dalam tahap tersebut.

Partai Idaman selanjutnya menggugat keputusan KPU ke Bawaslu. Tapi, gugatan Partai Idaman tidak dikabulkan Bawaslu.

Setelah putusan ini, Partai Idaman maupun KPU diperbolehkan untuk mengajukan tuntutannya ke Pengadilan Tata Usaha Negata (PTUN). Hal tersebut merujuk ke Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]