New here? Register. ×
×

Merek-Merek Mobil Ini Ternyata Terinspirasi Dari Nama Pendirinya

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in OTOMOTIF
05Mar

RUBERNEWS.COM | Setiap merek mobil memiliki sejarahnya masing-masing. Bukan hanya bernilai filosofi tinggi, tapi ada kalanya nama-nama yang dipakai merupakan representasi dari pendirinya.

Hal itu lumrah terjadi apabila pendiri perusahaan sangat mencintai dunia otomotif. Sekian lama industri otomotif terus bertumbuh, tidak sedikit nama-nama itu yang mendunia sehingga produk-produk mereka banyak disukai oleh berbagai kalangan.

Lantas, apa saja sih merek-meek mobil yang identik dengan nama pedirinya?

Ferrari

Perusahaan mobil dengan lambang Kuda Jingkrak ini diambil dari nama penciptanya yakni Enzo Ferrari. Dia juga merupakan seorang pendiri tim balap Scuderia Ferrari yang sangat berjaya di masanya.

Ferrari sendiri membuat berbagai mobil dengan tenaga besar dan performa yang tak terkalahkan, seperti mobil super, mobil sport bahkan mobil balap.

Mercedes-Benz

Nama Mercedes-Benz ini diketahui berasal dari nama penemunya yaitu Karl Benz. Dia pun membuat mobil berbahan bakar bensin pertama pada 1886 silam.

Nama merek mobil asal Jerman ini kini sudah besar dan jadi brand mobil premium. Namun tak hanya mobil, Mercy juga menciptakan bus serta truk.

Peugeot

Siapa sangka merek otomotif asal Prancis ini namanya kini mendunia. Padahal, merek Peugeot sendiri awalnya bukan merek otomotif melainkan sebuah perusahaan keluarga yang bergerak di bidang penggiling kopi dan sepeda.

Namun pada 1889, Armand Peugeot merakit mobil pertamanya, yang digerakkan dengan mesin uap, yang disebut Leon Serpollet. Akibat adanya pertengkaran keluarga, Armand Peugeot mendirikan Societe des Automobilies Peugeot di 1896

Porsche

Porcshe juga sama dengan Mercy, berasal dari Jerman dan menghasilkan mobil-mobil premium mulai dari sedan, SUV, hingga jenis sport.

Akan tetapi, pencipta Porsche ini bukan dari Jerman, melainkan berdarah Austria, yaitu Ferdinand Porsche. Namun setelah pindah lokasi ke Stuttgart, Jerman, Porsche membuat mobil legendaris Volkswagen Beetle. Melihat suksesnya mobil ini, dia pun menciptakan mobil sendiri dengan nama Porsche.

Dia pun menjadi orang pertama yang membuat mobil hybrid.

Lamborghini

Merek mobil asal Italia ini diciptakan sang pendiri pertama yaitu Ferruccio Lamborghini pada 1963. Sebelum menjadi terkenal dengan desain mobil sport yang tangguh, nyatanya Lamborghini pertama kali membuat kendaraan bukan sebuah mobil, melainkan traktor.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, mobil Lamborghini terus berevolusi, hingga terlihat bentuk mobil yang keren seperti saat ini.

McLaren

Merek merek mobil asal Inggris ini pada mulanya berasal dari tim balap Grand Prix yang disebut Bruce McLaren Motor Racing Ltd.

Namun nama tim tersebut diambil dari nama sang pemilik sekaligus pembalapnya, yaitu Bruce McLaren. Kini selain dikenal di dunia balap, mobil-mobil keluaran pabrikan McLaren juga dikenal dengan performa tinggi dengan harga selangit.

Aston Martin

Sama seperi merek mobil di atas, nama Aston Martin sudah tenar di awal abad 20. Merek mobil ini diambil dari nama penciptanya, yaitu Lionel Martin bersama rekannya Robert Bamfort, serta digabung dengan nama sebuah tempat di dekat Buckinghamshire, yaitu Aston Clinton Hillclimb.

Bugatti

Merek mobil mewah asal Prancis ini juga pada dasarnya diambil dari nama pemiliknya yaitu, Ettore Bugatti. Ettore sendiri pada dasarnya berasal dari keluarga seniman.

Ford

Tak hanya di Eropa, mobil juga terlahir di Amerika Serikat. Mobil ini adalah Ford yang berdiri sejak 1903. Namun tahukah Anda, pemilik pertama Ford ini adalah Henry Ford sekaligus pencipta mobil.

Pada tahun itu pula Henry beserta 11 rekanan bisnisnya menandatangani perjanjian kerja sama dengan mendirikan perusahaan Ford Motor Company (FMC).

[Sumber : Otosia.com]

Sharing is caring