New here? Register. ×
×

Android P Bakal Dibekali Fitur Blokir Penelpon Gelap

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in TEKNOLOGI
05Mar

RUBERNEWS.COM | Android P yang tak lain adalah penerus Android Oreo tampaknya bakal menawarkan perubahan fitur yang sangat signifikan, terutama untuk hal yang berkaitan dengan privasi. Android P kabarnya akan dibekali dengan fitur untuk memblokir penelpon gelap, sehingga pengguna tak akan mudah diganggu oleh orang tak dikenal.

Kehadiran fitur ini dianggap sebagai akhir dari sepak terjang telemarketer yang kadang membuat pengguna ponsel tidak nyaman. Lalu seperti apa detail fitur ini? Fitur baru Android P ini dapat memblokir panggilan telepon dari nomor yang tidak ada di kontak, private number, nomor dari pay pon, dan nomor yang tak memiliki caller ID.

Fitur ini dapat dinonaktifkan dalam kondisi tertentu. Sebenarnya fitur yang ditawarkan oleh Android P ini bukanlah hal yang baru karena beberapa smartphone Android dengan UI pabrikan telah memiliki fitur semacam ini, sebut saja Xiaomi MIUI dan Asus Zen UI. Namun, kehadirannya di Android P membuat fitur Android stock kian lengkap.

Informasi kehadiran fitur pemblokir telepon gelap untuk Android P ini diketahui dari munculnya fitur tersebut di AOSP. Fitur ini ditambahkan dari seorang insinyur Sony dan diketahui oleh salah seorang member dari XDA Developer.

Sebelumnya Android P dikabarkan memiliki fitur menghilangkan akses ke kamera saat ponsel dalam kondisi idle. Saat ini, aplikasi dapat mengakses kamera ponsel saat smartphone dalam kondisi idle melalui background tanpa memberitahu pengguna. Hal ini tentu mengurangi privasi dan keamanan pengguna ponsel.

Aplikasi tak lagi dapat mengakses kamera di Android P saat ponsel dalam kondisi idle. Dari segi privasi, hal ini sangat menguntungkan pengguna. Aplikasi nakal atau mata-mata tak lagi dapat mengambil foto dan video diam-diam saat ponsel idle tanpa notifikasi ke pengguna. Jelas, ini membuat Android P menjadi lebih aman.

[Sumber : Berita Teknologi]

Sharing is caring