New here? Register. ×
×

Diduga Terima Suap, Mantan Presiden Korsel Dituntut 30 Tahun Penjara

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in HUKUM, INTERNASIONAL
  • Diduga Terima Suap, Mantan Presiden Korsel Dituntut 30 Tahun Penjara
28Feb
= 25

Banner Iklan SENEBE ARABICA COFFEE Terbaik di Aceh

RUBERNEWS.COM | Mantan Presiden Korea Selatan Park Geun-hy akan menghadapi putusan pengadilan, apakah dinyatakan bersalah atau tidak pada 6 April.

Saat Peradilan terakhir sebelum pembacaan putusan tersebut, Selasa (27/02/2018) Jaksa menuntut 30 tahun penjara. Jika Hakim menyetujuinya.

Hukuman berat diperlukan untuk mengirimkan pesan kepada masyarakat dan politisi bahwa sejarah tragis itu tidak boleh terulang kembali,’’ ucap Jeon Jun-cheol saat membacakan tuntutannya di Pengadilan Distrik Pusat Seoul.

Seperti dilansir Associated Press, Jaksa juga menginginkan denda sebesar KRW 118,5 miliar atau setara dengan Rp 1,5 triliun.

Menurut Jaksa, Park bersalah karena menyalahgunakan kekuasaan dan kepercayaan rakyat serta menerima suap. Park telah membiarkan sahabatnya Choi Soon-sil, ikut campur dalam mengambil keputusan negara.

Padahal, Choi tak tahu apapun soal urusan negara dan tidak memiliki jabatan resmi. Dua pekan lalu, Choi telah dijatuhi hukuman 20 tahun penjara karena menerima suap dari Samsung dan beberapa perusahaan lainnya.

Park Seung-gil, pengacara yang mewakili Presiden perempuan pertama Korsel itu, menyebut tuntutan Jaksa tidak adil. Sebab, tidak ada bukti yang jelas apakah kliennya benar-benar menekan perusahaan untuk memberikan uang atau malah justru perusahaan-perusahaan itu yang secara sukarela memberikan bantuan untuk menjalin hubungan baik dengan pemerintah.

Park Seung-gil meminta agar Park Geun-hy diampuni”tuturnya.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]