New here? Register. ×
×

Sedot Bawang Putih Lewat Hidung Bisa Redakan Sinus?

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in KESEHATAN
27Feb

RUBERNEWS.COM | Memiliki masalah pada sinus atau rongga hidung memang sangat mengganggu. Penyakit yang umumnya disebut sinusitis tersebut dialami oleh seorang aktris asal Amerika Serikat, Busy Philipps. Melalui video pada instagram stories-nya, dia menceritakan pengalaman menyakitkan yang dilakukannya guna melancarkan sinus.

Dikutip dari Health, Philipps menyedot air bawang putih yang telah disuling guna melancarkan rongga sinus yang tersumbat. Namun, usai melakukan hal tersebut, dirinya merasa sangat kesakitan. Wanita kelahiran Illinois, 25 Juni 1979 tersebut merasakan hidungnya seperti terbakar sesaat setelah menyedot air bawang putih melalui hidung.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Rhinologi dan Otolaringologi dari NYU Langone Medical Center, Richard Lebowitz, MD, mengatakan tindakan yang dilakukan oleh Philipps guna mengatasi sinus merupakan hal yang wajar. Dia mengungkapkan pembersihan saluran hidung umumnya dilakukan menggunakan larutan garam.

“Larutan tersebut dapat mengairi hidung, membantu mengusir lendir, dan memungkinkan Anda bernapas lebih mudah,” ujar Lebowitz pada Health.

Pengobatan sinus menggunakan bawang putih diyakini merupakan cara yang tepat guna mengatasi sinus. Hal ini karena sifat antibakteri, antiinflamasi dan antijamur yang terdapat di dalamnya.

Selain dapat mengatasi masalah sinus, bawang putih pun diyakini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan senyawa yang terdapat pada bawang putih dapat mengurangi bakteri di tubuh.

Meski demikian, dalam menggunakan air suling bawang putih guna mengatasi masalah sinus, perlu disaring agar bakteri dan organisme lainnya tidak tercampur dengan larutan dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih buruk.

[Sumber : Liputan6.com]

Sharing is caring